EFEKTIFITAS INTERVENSI LATIHAN ROM TERHADAP MASALAH KEPERAWATAN KESIAPAN PENINGKATAN MANAJEMEN KESEHATAN PADA KELUARGA DENGAN STROKE DI DESA KRANJINGAN

Suryana, Yudha Agung (2023) EFEKTIFITAS INTERVENSI LATIHAN ROM TERHADAP MASALAH KEPERAWATAN KESIAPAN PENINGKATAN MANAJEMEN KESEHATAN PADA KELUARGA DENGAN STROKE DI DESA KRANJINGAN. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pengontrolan stroke selain melalui farmakologis, dapat juga melalui upaya diri dan keluarga dalam merawat anggota keluarga yang sakit. Intervensi yang diberikan untuk kesiapan meningkatkan manajemen kesehatan keluarga yaitu memberikan intervensi ROM (Range of Motion) dan melatih keluarga dalam melakukan ROM. Latihan ROM merupakan sekumpulan gerakan yang dilakukan pada bagian sendi yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibelitas dan kekuatan otot. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian Latihan ROM terhadap masalah keperawatan kesiapan peningkatan manajemen kesehatan pada keluarga dengan stroke. Metode: Rancangan karya tulis ilmiah ini menggunakan desain studi kasus (case study). Subyek yang digunakan yaitu dua pasien stroke dengan masalah keperawatan kesiapan peningkatan manajemen kesehatan pada keluarga. Hasil: Hasil intervensi menunjukkan setelah diterapkan intervensi latihan ROM menunjukkan peningkatan pengetahuan klien dan perkembangan klien juga meningkat dari segi afektif dan psikomotor. Perkembangan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah sejauh mana peningkatan pengetahuan klien tentang penyakitnya khususnya latihan ROM bagi pasien pasca stroke. Simpulan: Setelah melihat perkembangan dari kedua klien dapat ditarik kesimpulan bahwa edukasi kesehatan yang dilakukan secara langsung kepada keluarga meningkatkan pengetahuan hingga kemampuan keluarga merawat anggota keluarganya yang mengalami stroke. Terutama kemampuan klien melakukan ROM aktif yang menjadi salah satu pilihan untuk pemulihan klien pasca stroke.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: ROM; stroke; manajemen kesehatan pada keluarga
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: YUDHA AGUNG SURYANA
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:59
Last Modified: 17 Jan 2023 03:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item View Item