(SIMILARITY + DOCUMENT) BERCAKAP-CAKAP SEBAGAI METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK



Khoiriyah, Khoiriyah and Rachman, Angraeny (2019) (SIMILARITY + DOCUMENT) BERCAKAP-CAKAP SEBAGAI METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK. FKIP Prodi PGPAUD Universitas Ahmad Dahlan, Journal of Early Childhood Care & Education.

[thumbnail of Bercakap_JECC.pdf] Text
Bercakap_JECC.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of Bercakapcakap_Turnitin.pdf] Text
Bercakapcakap_Turnitin.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://journal2.uad.ac.id/index.php/jecce/article/...

Abstract

Berbicara adalah aktivitas mengeluarkan suara dari mulut seseorang guna berkomunikasi
dengan orang lain yang melibatkan artikulasi dan kelancaran berupa simbol kata-kata.
Kemampuan berbicara pada anak tidak muncul begitu saja, melainkan melalui beberapa
tahapan, dan itu perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Kemampuan berbicara anak itu juga
dapat ditingkatkan. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan bicara anak melalui
metode bercakap-cakap dengan media boneka jari. Kajian ini mendeskripsikan proses
peningkatan kemampuan anak berbicara menggunakan metode bercakap-cakap dengan
menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dikelompok A3 TK ABA
4 Mangli, dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini
dilakukan dengan tindakan kolaboratif.
Metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Dalam ketuntasan
pada pra-siklus yang dialami oleh 4 orang anak atau 24%, pada siklus pertama ada 7 orang
anak atau 41%, serta pada siklus kedua ada 15 orang anak atau 88%. Metode bercakap-cakap
dengan media boneka jari dapat mengubah kegiatan pembelajaran menjadi aktif, kreatif, dan
menyenangkan bagi anak, yang akhirnya dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Begitu juga dalam menjawab beberapa pertanyaan sederhana, terutama yang menggunakan
kata Tanya apa, mengapa, dimana, berapa dan bagaimana secara sederhana serta bagaimana
anak mampu mengungkapkan pendapat secara sederhana, dan merangkai kata menjadi
kalimat sederhana yang bermakna.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED

Item Type: Peer Review
Keywords/Kata Kunci: kemampuan berbicara, metode bercakap-cakap, PTK
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Angraeny Unedia Rachman | anggraeniunedia@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2023 02:28
Last Modified: 25 Feb 2023 02:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item View Item