Insiyah, Ajeng Lutfiatul (2023) Makna Hidup (Meaning in Life) pada Mahasiswi dengan Peran Ganda. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (478kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (50kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
Artikel.pdf Download (259kB) |
Abstract
Memutuskan menikah saat menempuh perkuliahan merupakan keputusan yang besar. Penelitian sebelumnya menyebutkan, hampir disetiap perguruan tinggi terdapat mahasiswa yang sudah menikah, terutama mahasiswa perempuan. Menikah saat kuliah berarti menjalani peran ganda sebagai mahasiswa sekaligus istri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran makna hidup (meaning in life) pada mahasiswi berperan ganda yang melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Kota Jember. Responden dalam penelitian adalah mahasiswi berperan ganda yang tengah melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala makna hidup. Peneliti menggunakan skala The Brief Personal Meaningful Profile (PMP-B) oleh MacDonald, Wong, dan Gingras (2011). Kuesioner ini mengukur persepsi responden tentang makna hidup dalam diri mereka. Terdiri dari beberapa aitem pernyataan mengenai gambaran sumber potensial dari kehidupan yang bermakna. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian mahasiswi berperan ganda di Jember memiliki tingkat makna hidup yang baik (53%), meskipun sebagian lainnya belum (47%). Mahasiswi berperan ganda yang memiliki tingkat makna hidup yang baik pada aspek hubungan (65%) dan agama (60,7%), serta satu aspek yang perlu untuk ditingkatkan, yaitu aspek fair treatment (35,3%). Selain itu, tingkat kebermaknaan hidup yang baik dalam diri mahasiswi berperan ganda berada pada usia dewasa awal sejumlah 53% dan semester 1-4 sejumlah 55%. Hasil penelitian ini memberikan gambaran terkait pentingnya makna hidup pada mahasiswa. Selain itu dapat menjadi bahan pertimbangan bagi peneliti selajutnya akan perlunya diadakan program-program untuk dapat membantu meningkatkan makna hidup dalam diri mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makna hidup, Mahasiswi, Peran Ganda | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy 100 Philosophy > 150 Psychology 300 Social Science |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Ajeng Lutfiatul Insiyah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ajengjarviernilia@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 01:37 | |||||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 01:37 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16520 |
Actions (login required)
View Item |