GAME EDUKASI KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Putra, Hendy Pratama (2023) GAME EDUKASI KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN-1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa adalah komunikasi, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional di era sekarang. Sudah seharusnya pendidikan bahasa Inggris diberikan sejak sekolah dasar, karena mengingat pentingnya bahasa Inggris di era sekarang. Sekolah Dasar Al-Baitul Amin 01 Jember merupakan salah satu sekolah yang memberikan pelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas 1 dan 2. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, kemampuan siswa dalam mengingat kosakata bahasa Inggris masih lemah serta rendahnya tingkat kemauan siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi game edukasi kosakata dasar Bahasa Inggris berbasis android yang dapat membantu para siswa dalam mengingat kosakata serta dapat meningkatkan motivasi belajar dan juga meningkatkan nilai para siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Proses pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan cara melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran di SD Al-Baitul Amien 1 Jember 01 Jember. Game ini dibangun dengan menggunakan software Construct 2 dan pembuatan asset game dilakukan menggunakan aplikasi dari smartphone yaitu Pixellab dan Photo Editor. Pengujian game dilakukan dengan cara dimainkan langsung didepan para siswa. Setelah aplikasi didemokan, game diuji cobakan kepada siswa secara bergantian, kemudian siswa diberikan kuisioner untuk menguji performa game tersebut. Game ini memiliki 4 menu, yaitu Menu “Play”, Menu “Info”, Menu “About” dan Menu “Exit”. Dari hasil pengujian blackbox didapatkan bahwa aplikasi sudah berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan developer. Dari hasil pengujian dengan menggunakan Skala Likert, rata-rata nilai yang didapatkan yaitu 92,25% dengan kategori “sangat baik” dari validasi ahli materi, 92% dengan kategori “sangat baik” dari validasi ahli media dan juga 86,4% dengan kategori “sangat baik” saat diuji coba oleh para siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Kosakata Bahasa Inggris, Sekolah Dasar
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Hendy Pratama Putra
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSaifudin, IlhamNIDN0731108903
UNSPECIFIED-, DaryantoNIDN0707077203
Contact Email Address: hendypratamaputra6@gmail.com
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:02
Last Modified: 15 Mar 2023 04:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item