Putra, Hendy Pratama (2023) GAME EDUKASI KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN-1.pdf Download (4MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (886kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa adalah komunikasi, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional di era sekarang. Sudah seharusnya pendidikan bahasa Inggris diberikan sejak sekolah dasar, karena mengingat pentingnya bahasa Inggris di era sekarang. Sekolah Dasar Al-Baitul Amin 01 Jember merupakan salah satu sekolah yang memberikan pelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas 1 dan 2. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, kemampuan siswa dalam mengingat kosakata bahasa Inggris masih lemah serta rendahnya tingkat kemauan siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi game edukasi kosakata dasar Bahasa Inggris berbasis android yang dapat membantu para siswa dalam mengingat kosakata serta dapat meningkatkan motivasi belajar dan juga meningkatkan nilai para siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Proses pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan cara melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran di SD Al-Baitul Amien 1 Jember 01 Jember. Game ini dibangun dengan menggunakan software Construct 2 dan pembuatan asset game dilakukan menggunakan aplikasi dari smartphone yaitu Pixellab dan Photo Editor. Pengujian game dilakukan dengan cara dimainkan langsung didepan para siswa. Setelah aplikasi didemokan, game diuji cobakan kepada siswa secara bergantian, kemudian siswa diberikan kuisioner untuk menguji performa game tersebut. Game ini memiliki 4 menu, yaitu Menu “Play”, Menu “Info”, Menu “About” dan Menu “Exit”. Dari hasil pengujian blackbox didapatkan bahwa aplikasi sudah berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan developer. Dari hasil pengujian dengan menggunakan Skala Likert, rata-rata nilai yang didapatkan yaitu 92,25% dengan kategori “sangat baik” dari validasi ahli materi, 92% dengan kategori “sangat baik” dari validasi ahli media dan juga 86,4% dengan kategori “sangat baik” saat diuji coba oleh para siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Kosakata Bahasa Inggris, Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Hendy Pratama Putra | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | hendypratamaputra6@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:02 | |||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 04:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16652 |
Actions (login required)
View Item |