Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fotosintesis

Kusuma Bintang Pamungkas, Agasta (2016) Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fotosintesis. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan siswa kelas VIII A SMP PGRI 3 Banyuwangi ditemukan bahwa, dalam pembelajaran fotosintesis guru lebih sering menggunakan metode ceramah, diskusi dan sangat jarang melakukan pembelajaran di luar kelas maupun di laboratorium, akibatnya banyak siswa yang merasa bosan dan kesulitan dalam menguasai konsep-konsep penting yang terdapat dalam materi biologi, sehingga keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai saat wawancara dengan guru bidang studi biologi yaitu nilai keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa sangat tidak memuaskan dengan rata-rata < 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fotosintesis siswa kelas VIII A di SMP PGRI 3 Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 3 Banyuwangi tepatnya kelas VIII A yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2015-28 November 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data didapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) observasi, (3) tes, (4) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I ini persentase dari keseluruhan indikator keterampilan proses sains mencapai 74%, namun pada siklus I ini terdapat tiga indikator yang mempunyai nilai presentase yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Kelemahan beberapa indikator tersebut diperbaiki pada siklus II, sehingga rata-rata persentase dari keseluruhan indikator keterampilan proses sains meningkat menjadi 81%. Sedangkan persentase untuk kategori penguasaan konsep pada siklus I mencapai 71%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fotosintesis siswa kelas VIII A di SMP PGRI 3 Banyuwangi.

Item Type: Article
Additional Information: AGASTA KUSUMA BP (1110211099)
Uncontrolled Keywords: Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 01:49
Last Modified: 03 May 2019 01:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item