Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fotosintesis

Kusuma Bintang Pamungkas, Agasta (2016) Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fotosintesis. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Lampiran 1 Matrik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Lampiran 2 Silabus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
Lampiran 3 RPP Siklus I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan siswa kelas VIII A SMP PGRI 3 Banyuwangi ditemukan bahwa, dalam pembelajaran fotosintesis guru lebih sering menggunakan metode ceramah, diskusi dan sangat jarang melakukan pembelajaran di luar kelas maupun di laboratorium, akibatnya banyak siswa yang merasa bosan dan kesulitan dalam menguasai konsep-konsep penting yang terdapat dalam materi biologi, sehingga keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai saat wawancara dengan guru bidang studi biologi yaitu nilai keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa sangat tidak memuaskan dengan rata-rata < 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fotosintesis siswa kelas VIII A di SMP PGRI 3 Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 3 Banyuwangi tepatnya kelas VIII A yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2015-28 November 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data didapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) observasi, (3) tes, (4) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I ini persentase dari keseluruhan indikator keterampilan proses sains mencapai 74%, namun pada siklus I ini terdapat tiga indikator yang mempunyai nilai presentase yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Kelemahan beberapa indikator tersebut diperbaiki pada siklus II, sehingga rata-rata persentase dari keseluruhan indikator keterampilan proses sains meningkat menjadi 81%. Sedangkan persentase untuk kategori penguasaan konsep pada siklus I mencapai 71%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fotosintesis siswa kelas VIII A di SMP PGRI 3 Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 01:49
Last Modified: 29 Oct 2019 06:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item