Penerapan Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kondusifitas dan Hasil Belajar Siswa

Sarah Pangestu, Ajeng (2016) Penerapan Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kondusifitas dan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
1. matrik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
2. pedoman wawancara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah interaksi antara siswa dan guru disertai dengan model pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Fakta dikelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo menunjukkan hasil belajar siswa secara klasikal belum mencapai kriteria ketuntasan minimum, sehingga tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Presentase ketuntasan ulangan akhir yang didapat dari studi dokumentasi hanya mencapai 42,8%. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Kondusifitas dan Hasil Belajar siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo (pokok bahasan ekosistem). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo pada tanggal 19 Mei 2016 - 28 Mei 2016. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, lembar cek dan tes. PTK ini dilakukan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kondusifitas dan hasil belajar siswa meningkat selama menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada aspek kondusifitas, kognitif, afektif, dan psikomotor, disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share meningkatkan kondusifitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 9 Watukebo pada mata pelajaran IPA materi pokok ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: think pair share, kondusifitas, hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKomarayanti, SawitriUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNurmala, Rayh SittaUNSPECIFIED
Date Deposited: 03 May 2019 01:55
Last Modified: 30 Oct 2019 01:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item