Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui TPS dengan Metode Tutor Sebaya

Resdiana Syafitri, Nanda (2016) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui TPS dengan Metode Tutor Sebaya. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
Nanda Resdiana Syafitri (1210211013).pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Glenmore masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Masalah utama dalam pembelajaran di SMAN 1 Glenmore adalah keaktifan belajar siswa sebesar 48% dengan kriteria kurang baik. Rendahnya persentase masalah tersebut disebabkan antara lain : (1) kurangnya keterlibatan siswa secara langsung, (2) siswa masih belum percaya diri untuk mengemukakan pendapatnya, (3) siswa merasa pembelajaran yang dilaksanakan membosankan, (4) guru jarang menggunakan media saat pembelajaran berlangsung, (5) guru masih sering menggunakan metode ceramah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data di dapat melalui 5 cara: (1) observasi. (2) wawancara, (3) angket, (4) tes dan (5) dokumentasi. Jika pada siklus I permasalahan yang ada persentase belum meningkat maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh keaktifan belajar siswa meningkat selama menggunakan model pembelaran Think Pair Share dengan metode tutor sebaya. Model pembelajaran yang digunakan adalah cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode tutor sebaya. Model pembelajaran ini berorientasi kepada siswa yaitu melibatkan siswa secara aktif dalam belajar dan berpikir, siswa dituntut untuk saling bekerja sama dan aktif antar sesama dalam satu kelompok secara berpasangan yang untuk memecahkan suatu permasalahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode tutor sebaya merupakan metode yang membantu dalam melaksanakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dilakukan dengan cara memberdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap tinggi, siswa tersebut mengajarkan materi atau latihan kepada teman – temannya yang belum paham. Pemakaian tutor dari teman mereka memungkinkan siswa tidak merasa enggan untuk bertanya. Dimana pada siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 50% dan pada siklus II naik menjadi 76%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelaran Think Pair Share dengan metode tutor sebaya terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran Biologi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Nanda Resdiana Syafitri (1210211013)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, TPS, tutor sebaya.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:32
Last Modified: 03 May 2019 02:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item