Pengaruh Keaktifan Siswa di Kelas terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri Balung

Husnah, Novita Himayatul (2023) Pengaruh Keaktifan Siswa di Kelas terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri Balung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (573kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (655kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Husnah, Novita, Himayatul. Pengaruh Keaktifan Siswa di Kelas terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri Balung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing 1: Dr. Hasan Suaedi, M. Pd. Pembimbing 2: Dina Merdeka Citraningrum, M. Pd. Kata Kunci: Keaktifan Siswa; Prestasi Belajar; Bahasa Indonesia Kegiatan pembelajaran memerlukan keaktifan belajar sebagai hal yang mendasar untuk mencapai prestasi belajar. Hubungan keaktifan siswa dengan prestasi belajar perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah siswa aktif atau tidak dala, pencapaian proses belajar yang baik. Pencapaian prestasi belajar yang baik biasanya ditandai dengan kegiatan siswa yang baik pula seperti belajar aktif dalam membentuk diskusi dengan teman dan menuntun siswa untuk berpikir tentang materi yang dipelajari. Maka permasalahan yang diambil ialah bagaimana keaktifan siswa di kelas dan prestasi belajar siswa serta pengaruh dari keaktifan siswa di kelas terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri Balung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripkan pengaruh keaktifan siswa di kelas terhadap prestasi belajar di SMA Negeri Balung. Metode penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan kualitatif. Tujuannya untuk menyatakan adanya keterkaitan antara dua variabel penelitian yang saling berhubungan untuk mengetahui sebab akibat dari suatu fenomena melalui pengmatan secara alamiah yang dinyatakan secara deskriptif. Data penelitian yang digunakan ialah data dokumentasi dan data observasi. Sumber data menggunakan populasi dan sampel, populasi pada penelitian ialah siswa kelas XI SMA Negeri Balung, sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS 2. Teknik pengumpulan data berupa dokumen dan observasi berupa catatan pengamatan. Teknik penganalisisan data menggunakan teknik hubungan sederhana. Teknik pengujian kesahihan data menggunakan perpanjangan pengamatan agar data yang dikumpulkan benar adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa di kelas pada siswa kelas XI IPS 2 berada pada kategori aktif yang dibuktikan berdasarkan penilaian dan aspek keaktifan. Hasil penelitian prestasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI IPS 2 tergolong pada kategori baik yang dibuktikan berdasarkan indicator keaktifan dan prestasi belajar yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Hasil dari pengaruh kedua variabel yaitu keaktifan siswa di kelas terhadap pembelajaran bahas Indonesia di SMA Negeri Balung dikatakan ada pengaruh yang positif. Hal ini ditandai dengan kemampuan siswa dalam setiap proses belajarnya dan upaya untuk memperoleh pengalaman belajar serta menghasilkan suatu kegiatan belajar dengan perubahan yang dicapai oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa di kelas terhadap Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Novita Himayatul Husnah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:44
Last Modified: 10 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item View Item