Aplikasi Brain Based Learning (BBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Pembelajaran Virus

Fatchur Rochman, Nuris (2016) Aplikasi Brain Based Learning (BBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Pembelajaran Virus. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Sering di temukan di lapangan saat guru melakukan proses belajar mengajar berjalan secara teoritis tanpa melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, dengan memberikan masalah yang nyata terhadap materi. Rendahnya pemahaman konsep ini di sebabkan karena guru dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran dan metode yang kurang tepat. Hal ini dapat menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang aktif di dalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung, pemahaman konsep siswa rata-ratanya 66,82% yang seharusnya ketuntasan yang di tetapkan adalah 80%. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui aplikasi Brain Based Learning (BBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep materi pembelajaran virus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus di dapatkan hasil 66.82% pada siklus 1 nilai pemahaman konsep siswa pada indikator C1-C6 rata-rata 78,66% di katakana sudah cukup dan di lakukan perbaikan di siklus II di mana rata-rata pemahaman konsep dari indikator C1-C6 awalnya 78,66% meningkat menjadi 88,71 peningkatan mencapai 10,05%. Berdasarkan data di atas aplikasiBrain Based Learning (BBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Article
Additional Information: NURIS FATCHUR ROCHMAN (1110211058)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Pemahaman.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 15 May 2019 02:53
Last Modified: 15 May 2019 02:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item