Penerapan Pendekatan Savi Melalui Model Kooperatif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Tetty Latif Afifah, Nurul (2016) Penerapan Pendekatan Savi Melalui Model Kooperatif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
Cover Skripsi PDF.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Pustaka PDF.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
2. matrik new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
3. silabus new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi oleh penilaian tentang aktivitas dan hasil belajar yang masih rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru, selain itu guru sering menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Permasalahan yang timbul disebabkan juga oleh adanya siswa yang pasif dan kurang fokus terhadap materi sehingga aktivitas dan hasil belajar kurang maksimal. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui model kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Bangorejo dengan menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui model kooperatif pada pokok bahasan sistem indera manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bangorejo. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 78,9% dengan kategori “cukup aktif”, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 84,5% dengan kategori “aktif” meningkat sebesar 5,6%. Hasil belajar ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 64,7 % dan pada siklus II mencapai 85,2% mengalami peningkatan sebesar 20,5%. Ranah afektif siklus I mencapai 81,5% dengan kategori “baik”, sedangkan pada siklus II meningkat mencapai 85,5% dengan kategori “baik” meningkat sebesar 4%. Ranah psikomotor pada siklus I mencapai 75,5% dengan kategori “cukup baik”, sedangkan siklus II meningkat mencapai 80% “baik” meningkat sebesar 4,5%. Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui model kooperatif terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Bangorejo pokok bahasan sistem indera manusia tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SAVI, kooperatif, aktivitas dan hasil belajar, sistem indera manusia.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 15 May 2019 02:59
Last Modified: 30 Oct 2019 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item