Ulfa, Febi Alfia (2023) Peran Electronic Word of Mouth Dalam Membangun Keputusan Berinvestasi Reksa Dana Pada Aplikasi Bibit.id. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (519kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (650kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kestabilan finansial merupakan impian setiap manusia dalam menyongsong kehidupan dimasa mendatang, ditengah kemajuan perekonomian yang begitu pesat menjadikan manusia melakukan inovasi, salah satunya dengan berinvestasi. Minimnya pengetahuan seseorang dalam berinvestasi mengakibatkan ketakutan serta hal negatif yang dapat berpengaruh dalam melakukan keputusan berinvestasi. Kurangnya pengertian yang benar dalam berinvestasi, juga mengakibatkan kerugian bagi investor pemula. Bibit yang merupakan platform investasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia, membuat peneliti tertarik meneliti aktivitas yang terjadi dalam penyebaran informasi mengenai investasi Bibit Electronic word of mouth yang biasa dikenal dengan e-WOM merupakan salah satu inovasi terbaru dalam dunia pemasaran digital, dikenal dengan penyebaran informasi yang bersifat luas dan efektif membuat e-WOM menjadi salah satu alasan peneliti untuk mengenal lebih dalam mengenai electronic word of mouth dalam penyebaran informasi pada komunitas Bibit. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana dimensi electronic word of mouth dalam membangun minat berinvestasi reksa dana Bibit.id kepada investor pemula dan bagaimana peran electronic word of mouth dalam membangun keputusan berinvestasi pada investor pemula melalui teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision dan Action). Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui aktivitas electronic word of mouth yang dilakukan komunitas Bibit guna menarik investor pemula untuk berinvestasi pada aplikasi Bibit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara online serta penentuan informan menggunakan teknik purposif sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peran positif dalam pengambilan keputusan berinvestasi pada aplikasi Bibit yang dilakukan investor pemula, dikarenakan adanya aktivitas electronic word of mouth pada komunitas Bibit dalam penyebaran informasi yang mendukung terjadinya keputusan dalam berinvestasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran Digital, Electronic Word of Mouth, Investasi Reksa Dana, Aplikasi Bibit, Teori AIDDA. | ||||||
Subjects: | 300 Social Science > 380 Commerce, Communications, Transportation > 384 Communications Telemunications | ||||||
Department: | S1 Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Febi Alfia Ulfa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Contact Email Address: | febialf.ulfa.9@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:10 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:10 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17886 |
Actions (login required)
View Item |