Strategi Penggunaan Bahasa Madura Dan Jawa Oleh Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Tanjung Jember Dalam Upaya Memperlancar Proses Komunikasi

Handoyo, Sawung Aji (2023) Strategi Penggunaan Bahasa Madura Dan Jawa Oleh Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Tanjung Jember Dalam Upaya Memperlancar Proses Komunikasi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
d. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keberagaman budaya di Indonesia merupakan hasil dari masyarakat yang heterogen dalam berbagai aspek. Pertukaran budaya pasti terjadi pada masyarakat multikultural. Budaya yang beragam diikuti dengan bahasa yang beragam pula. Komunikasi antarbudaya muncul untuk menjembatani masyarakat multikultural dalam berinteraksi satu sama lain. Strategi komunikasi menjadi bagian penting dalam komunikasi antarbudaya bertujuan untuk memahami pesan-pesan dari bahasa yang berbeda dalam interaksi komunikasi. Seperti halnya bahasa Madura dan Jawa digunakan dalam interaksi komunikasi pedagang di pasar Tanjung Jember. Teori sosisolinguistik digunakan untuk mengetahui korelasi penggunaan bahasa, komunikasi, dan budaya dalam penelitian ini. Metode yang digunakan berupa deskripsi kualitatif. Pemilihan bahasa, pemaknaan pesan, dan penggunaan etika komunikasi menjadi strategi dalam komunikasi antarbudaya pada penelitian ini. Kehidupan masyarakat yang dikelilingi Budaya berbeda-beda, menjadikan hambatan dalam berkomunikasi penting untuk dipahami dan mencarikan solusi yang tepat berdasarkan pada kajian komunikasi antarbudaya. Pada akhirnya, hasil penelitian ini mengungkap strategi pemilihan bahasa oleh pedagang berwujud alih kode, campur kode, dan tunggal bahasa. Penyampaian pesan dari seluruh data dilakukan secara verbal langsung, pesan pada keseluruhan data interaksi komunikasi berupa pernyataan, pertanyaan, permintaan, dan penawaran. Etika komunikasi antarbudaya yang digunakan penjual diantaranya etika kesopanan dan etika kesatuan bahasa. Hambatan komunikasi yang dialami pada penelitian ini disebabkan oleh faktor perbedaan bahasa dan etika budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarbudaya, Bahasa Madura dan Jawa, Sosiolinguistik.
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sawung Aji Handoyo
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorCahyono, Hery B20113116
Contact Email Address: sawungaji05@gmail.com
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:10
Last Modified: 20 Jul 2023 06:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item View Item