Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Permainan Sirkuit Pintar dengan Model Pembelajaran Ceramah (Studi Eksperimentasi pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII di MTsN 2 Bondowoso

Fatimatuzzahro, Fatimatuzzahro (2016) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Permainan Sirkuit Pintar dengan Model Pembelajaran Ceramah (Studi Eksperimentasi pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII di MTsN 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
2. Hal Sampul.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas latar belakang siswa tidak suka dengan pelajaran matematika yang disebabkan pembelajaran yang digunakan guru tidak menyenangkan, sehingga hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penggunaan strategi pembelajaran sangatlah penting untuk menumbuhkan minat serta keberhasilan siswa dalam suatu pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah model permainan sirkuit pintar. Model permainan sirkuit pintar merupakan hasil pengembangan dari permainan ular tangga yang sudah familiar bagi siswa. Sirkuit pintar merupakan sebuah media permainan yang bernilai edukatif, produktif, menyenangkan, dan diharapkan dapat memberi manfaat lebih dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar dengan mengunakan model permainan sirkuit pintar dengan model pembelajaran ceramah? (2) Manakah yang lebih baik antara hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan model permainan sirkuitp pintar dengan model pembelajaran ceramah? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen quasi dengan pretest-postest control group design. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Bondowoso tanggal 24 Maret-30 Mei 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan model permainan sirkuit pintar dengan model pembelajaran ceramah pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan nilai Z_tabel= 1,96, Z_hitung= -0,641 , taraf signifikansi 5%, dan diperoleh Z_hitung<Z_tabel dengan keterangan tolak Ho. Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model permainan sirkuit pintar lebih baik dari pada model pembelajaran ceramah pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan nilai Z_tabel= 1,96, Z_hitung= -0,641 , taraf signifikansi 5%, dan diperoleh Z_hitung<Z_tabel dengan keterangan tolak Ho.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, model permainan sirkuit pintar, model pembelajaran ceramah, bangun ruang
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 May 2019 05:55
Last Modified: 14 Nov 2019 03:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item