Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII A SMP Darul Hikmah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)

Rofi, Fitri Nurmala Ainur (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII A SMP Darul Hikmah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Keaktifan dalam belajar matematika sangat penting bagi siswa, dengan adanya keaktifan siswa akan membuat proses pembelajaran lebih menarik. Pembelajaran dikatakan baik jika terjadi komunikasi antara pendidik dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Jika siswa aktif di dalam proses pembelajaran, maka ketuntasan hasil belajar siswa akan meningkat. Aktivitas siswa didalam proses pembelajaran hanya duduk, mencatat dan mendengarkan guru yang menjelaskan materi pelajaran. Tidak sedikit siswa yang tidak memahami materi yang telah disampaikan, akibatnya siswa mendapatkan nilai dibawah ketuntasan minimal. Berdasarkan masalah tersebut alternatif solusinya adalah dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan Segiempat di kelas VII A SMP Darul Hikmah Jember tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darul Hikmah Jember kelas VII A yang dilaksanakan pada tanggal 6 april 2016 – 27 april 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas siswa siklus I mencapai 70, 46% dengan kategori “aktif”, sedangkan pada siklus II mencapai 80, 46% dengan kategori “sangat aktif” meningkat 10%. Hasil belajar siswa siklus I ketuntasan klasikal mencapai 68, 18% dan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 81, 82%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 13, 64%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII A SMP Darul Hikmah Jember tahun pelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Article
Additional Information: Fitri Nurmala Ainur Rofi (1210251005)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan hasil belajar, Giving Question and Getting Answer, Segiempat (persegi, persegi panjang, dan jajar genjang)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 May 2019 05:59
Last Modified: 14 May 2019 05:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item