Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa

Luviani Anggraeni, Erna (2017) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahan ajar modul berbasis inkuiri materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul berbasis inkuiri materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII di SMP muhammadiyah 6 Wuluhan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reserarch and Development). Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Berdasarkan analisis skor rata-rata penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa diperoleh skor rata-rata keseluruhan 4 dengan kriteria valid, sedangkan untuk ahli pengguna diperoleh skor rata-rata keseluruhan 4,1 dengan kriteria valid. Analisis skor rata-rata aktivitas siswa diperoleh 82% dengan skor rata-rata awal 70% ini dikatakan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Additional Information: ERNA LUVIANI ANGGRAENI (1310211021)
Uncontrolled Keywords: Modul, Inkuiri, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:11
Last Modified: 19 Jun 2019 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item