Studi Keanekaragaman Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Sebagai Bahan Ajar yang Praktis

Tabroni, Imam (2017) Studi Keanekaragaman Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Sebagai Bahan Ajar yang Praktis. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Artikel Pdf.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text
Awal.pdf

Download (245kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan monokotil dan dikotil serta langkah edukasi sebagai bahan ajar yang praktis. Rumusan permasalahan yang diangkat, yaitu bagaimana tingkat keaenekaragaan tumbuhan monokotil dan dikotil di Taman Wisata Botani dan bagaimana integrasi hasil penelitian dikembangkan menjadi bahan ajar yang praktis. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan dilanjutkan dengan penelitian pengembangan. Metode penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode plot ganda, masing-masing luas plot disesuaikan dengan fase dan ukuran tumbuhan. Hasil Penelitian melalaui identifikasi dan inventarisasi, terdapat 129 spesies tumbuhan dari 15 plot contoh dalam 3 stasiun, yang terbagi ke dalam 2 kelas, yaitu 26 tumbuhan monokotil dan 103 tumbuhan dikotil. Diketahui tumbuhan dikotil yang memiliki indeks nilai penting (INP) ialah Durian (Durio zibethinus) 34% (tiang besar dan pohon) dan Jambu Biji (Psidium guajava L.) 17% (tiang kecil dan pancang). Indeks nilai penting tumbuhan monokotil ialah Rumput Teki (Cyperus rotundus) 27% (tumbuhan bawah). Kriteria keanekaragaman Tumbuhan di Taman Wisata Botani termasuk tinggi dengan nilai 3,557 (tinggi besar dan pohon), 3,670 (pancang dan tiang kecil), dan 2,732 (tumbuhan bawah), serta kondisi vegetasi prima (stabil). Potensi Keanekaragaman tersebut dapat dikembangkan menjadi bahan ajar yang praktis berupa buku atlas tumbuhan monokotil dan dikotil.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Imam Tabroni
Uncontrolled Keywords: keanekaragaman, monokotil dan dikotil, taman botani, atlas
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 19 Jun 2019 03:15
Last Modified: 19 Sep 2019 10:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item