HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN RESILIENSI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Wahyuningtyas, Titin (2023) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN RESILIENSI PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (718kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (727kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi merupakan syarat mahasiswa mendapatkan gelar S1, namun dalam penyusunan skripsi mahasiswa cenderung dihadapkan pada suatu tantangan, terdapat faktor yang menghambat mahasiswa dalam penyusunan skrispsi yaitu faktor internal dan eksternal, apabila tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam penyusunan skripsi tidak dapat diatasi dengan benar maka dapat menimbulkan perilaku maldaptif, oleh karena itu mahasiswa harus mampu beradaptasi pada masalah penyebab dari stresor, yaitu dengan resiliensi, resiliensi dapat dilihat sebagai pertahanan diri atau fungsi adaptasi yang sehat, salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi adalah efikasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dan populasi sebanyak 932 mahasiswa skripsi dengan sampel 279. Tehnik sampel Cluster Random Sampling adalah pengambilan sampel berdasarkan randomisasi terhadap kelompok. Pengukuran variabel efikasi diri dalam penelitian ini berdasarkan teori milik Bandura (1997) dengan skala efikasi diri (24 item, α = 0,944) dan skala resiliensi menggunakan The Cannor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) (25 item, α = 0,953). Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,690 ≥ 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat efikasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi maka resiliensi yang dimiliki semakin kuat untuk dapat bangkit dan bertahan menghadapi hambatan selama penyusunan skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Resiliensi, Mahasiswa skripsi
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Titin Wahyuningtyas
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:13
Last Modified: 27 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/18266

Actions (login required)

View Item View Item