Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intelectually Repetition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Sub Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variebel (PLSV) di Kelas VII SMP PGRI 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)

Nafilah, Umi (2016) Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intelectually Repetition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Sub Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variebel (PLSV) di Kelas VII SMP PGRI 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (56kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
1. MATRIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
2. PEDOMAN PENGUMPULAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi adanya aktivitas siswa VII SMP PGRI 2 Tempurejo Jember yang masih rendah motivasi belajar siswanya yang disebabkan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran ceramah, sehingga siswa belum terbiasa berlatih mengerjakan soal-soal latihan jika tidak diberi tugas dan hasil belajar matematika siswa menurut data hasil ulangan harian hanya 40% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan model pembelajaran AIR untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui model pembelajaran AIR pada materi sub pokok bahasan persamaan linear satu variabel, dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran AIR pada materi sub pokok bahasan persamaan linear satu variabel. Penelitian dilakukan di SMP PGRI 2 Tempurejo Jember. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada tanggal 1 September 2015 sampai dengan 12 September 2015. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP PGRI 2 Tempurejo Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Respon siswa terhadap materi pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dengan menggunakan Model pembelajaran AIR (Auditory Intelectually Repetition) sangat positif, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dan aktivitas siswa yang meningkat dari sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa yang diamati pada siklus I bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa 88,2% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa 96,8%, sehingga terdapat peningkatan,dan berdasarkan data analisis hasil belajar siswa yang diamati pada siklus I bahwa hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 72% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 88% dengan peningkatan sebesar 16%, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan mengggunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intelectually Repetition) pada sub pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) kelas VII SMP PGRI Tempurejo Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AIR (Auditory Intelectually Repetition), aktivitas, hasil belajar, persamaan linear satu variabel.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 21 May 2019 03:16
Last Modified: 16 Nov 2019 01:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item