Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Model Pembelajaran Round Club terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa



Setiawan, Anisa Sabrina (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Model Pembelajaran Round Club terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL JURNAL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 12. ABSTRAK.pdf] Text
12. ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB I revisi.pdf] Text
BAB I revisi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of BAB II revisi.pdf] Text
BAB II revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[thumbnail of BAB IV awal.pdf] Text
BAB IV awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[thumbnail of BAB IV nisa baru.pdf] Text
BAB IV nisa baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of BAB V nisa baru.pdf] Text
BAB V nisa baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB VI nisa baru.pdf] Text
BAB VI nisa baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran matematika sering dipandang sebagai mata pelajaran yang kurang diminati bahkan dihindari, sehingga komunikasi matematis siswapun rendah, selain itu model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar juga berpengaruh dalam penanaman anggapan siswa bahwa matematika itu sulit. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa? (3) Manakah yang lebih besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan untuk mengetahui manakah yang lebih besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 12 April sampai 16 Mei 2017 di SMP Negeri 7 Jember pada kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen
Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian pada hasil tes baik pretest maupun posttest kelas kontrol, diperoleh bahwa t_hitung= 2,410 ≥ t_tabel= 1,687, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh t_hitung = 2,581 ≥ t_tabel = 1,687. Pada pengujian data wawancara sebelum maupun sesudah pembelajaran pada kelas kontrol diperoleh bahwa t_hitung = 1,771 ≥ t_tabel = 1,687, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh t_hitung = 2,684 ≥ t_tabel = 1,687. Dari hasil observasi aktivitas komunikasi matematis lisan siswa diperoleh nilai rata-rata komunikasi matematis lisan siswa kelas kontrol sebesar 61,82 masuk dalam kategori cukup, sedangkan rata-rata komunikasi matematis lisan kelas eksperimen sebesar 72,08 masuk dalam kategori cukup.
Kesimpulan penelitian ini adalah terbukti bahwa, ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, ada pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan pengaruh model Think Talk Write (TTW) lebih besar dari pengaruh model Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Eurika, Novy
nidn197911142005012003

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Think Talk Write (TTW), dan Round Club
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 22 May 2019 02:24
Last Modified: 26 Sep 2019 07:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item