Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Student Team Heroic Leadership untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa

Dewi, Arisna Kusuma (2017) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Student Team Heroic Leadership untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ARISNA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I s.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB III s.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA s.pdf

Download (20kB)

Abstract

Latar belakang penelitian oleh penilaian tentang aktivitas dan kemampuan komunikasi matematik siswa yang masih rendah yang disebabkan oleh pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, digunakan pembelajaran dengan Strategi (STHL) untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematik siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi (STHL) (2) Bagaimana peningkatan komunikasi matematik siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif dengan strategi (STHL). Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi (STHL). (2) Untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif dengan strategi (STHL).Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian pada tanggal 12 Mei 2017 hingga 24 Mei 2017 di kelas VIIB SMP Nuris Jember. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh aktivitas siswa meningkatkat selama menerapkan dengan strategi (STHL). Dimana pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 61,1% dan pada siklus II naik menjadi 83,6%. Aktivitas siswa meningkat setelah menerapkan strategi (STHL) Selain itu, penelitian ini juga meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I sebesar 65,52 % menjadi 96,56 % pada siklus II.Kesimpulan penelitian ini adalah strategi (STHL) terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif , Strategi Student Team Heroic Leadership, Aktivitas, Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 02:27
Last Modified: 25 Sep 2019 10:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item