Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Subpokok Bahasan Kubus Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Kelas VIII A Siswa SMP Negeri 3 Besuki Tahun Pelajaran 2016/2017

Hikmah, Faiqkatul (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Subpokok Bahasan Kubus Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Kelas VIII A Siswa SMP Negeri 3 Besuki Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
1. cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text
5. daftar rujukan.pdf

Download (369kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Smp Negeri 3 Besuki. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan Tes dan Wawancara. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu dimanakah letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada sub pokok bahasan kubus berdasarkan Analisis Kesalahan Newman kelas VIII A Smp Negeri 3 Besuki dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam Menyelesaikan soal cerita matematika pada subpokok bahasan kubus berdasarkan Analisis Kesalahan Newman kelas VIII A Smp Negeri 3 Besuki. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah letak kesalahan siswa dan penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan membaca, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menarik kesimpulan pada kategori siswa berkemampuan tinggi di sebabkan lupa karena tergesa-gesa, dan kurang teliti dalam perhitungan. Pada kategori siswa berkemampuan sedang letak kesalahannya adalah salah dalam mentransformasi masalah, salah dalam keterampilan proses dan salah dalam menarik kesimpulan dikarenakan kurang paham dengan konsep soal dan salah dalam perhitungan. Kategori siswa berkemampuan rendah mengalami kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasikan masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan menarik kesimpulan. Kesalahan-kesalahan tersebut dikarenakan siswa tidak paham maksud soal sehingga siswa tidak melakukan perhitungan dengan tepat. Kesimpulan letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasikan masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan menarik kesimpulan. Penyebabnya karena lupa tidak memberi keterangan, lupa rumus, tidak tahu cara menyelesaikan soal dan tidak paham dengan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita, Analisis Kesalahan Newman, Luas Permukaan dan Volume Kubus
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 22 May 2019 03:23
Last Modified: 25 Sep 2019 10:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item