Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (pada Sub Pokok Bahasan Segiempat Kelas VIIB SMP Islam Padomasan Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017)

Masyithoh, Putri Yunis (2017) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa (pada Sub Pokok Bahasan Segiempat Kelas VIIB SMP Islam Padomasan Jombang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (49kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
8. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah rendahnya kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran matematika di Indonesia masih berorientasi pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC yang menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC? Terdapat dua tujuan yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC, dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada 28 Februari 2017 hingga 9 Maret 2017 di kelas VIIB SMP Islam Padomasan Jombang Jember. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat selama menerapkan Cooperative Learning tipe CIRC. Dimana pada siklus I dengan prosentase siswa sebesar 66,458% dan pada siklus II naik menjadi 76,459%. Hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan Cooperative Learning tipe CIRC. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tes akhir siklus I yang menunjukkan angka 54,55% dan pada tes akhir siklus II meningkat menjadi 84,45%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan diterapkannya pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cooperative LearningTipe CIRC, Segiempat
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDImamah, Nurulnidn1503637
UNSPECIFIEDKhotimah, Chusnulnidn1009730
Date Deposited: 27 May 2019 02:14
Last Modified: 25 Sep 2019 13:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item