Nisa, Rifka Choirin (2017) Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok terhadap Kreativitas Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
1. cover.pdf Download (186kB) |
||
Text
daftar pustaka.pdf Download (34kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (480kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada pokok bahasan kubus dan balok terhadap kreativitas siswa, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan scientificpada pokok bahasan kubus dan balokterhadap kreativitas siswa SMPN 2 Kalisat.Kreativitas siswa merupakan kemampuan siswa untuk membuat konsep pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bidang studi matematika SMPN 02 Kalisat bahawa siswa masih cenderung pasif dan kurang aktif, dan kurangnya pengaplikasian pembelajaran matematika pada kehidupn sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang mengembangan kreativitas siswa adalah pendekatan scientific. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kubus dan balok. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data diantaranya, yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Kreativitas siswa selama menerapkan pendekatan scientific pada kelas eksperimen untuk siswa yang tidak kreatif sebesar (12,5%), kurang kreatif sebesar (12,5%), cukup kreatif sebesar (33,33%) dan kreatif sebesar (41,66%). Sedangkan untuk hasil observasi pada kelas kontrol untuk siswa tidak kreatif sebesar (50%), kurang kreatif sebesar (25%), cukup kreatif sebesar (20,83%), dan kreatif sebesar (12,5%). Dan hasi tes Pembelajara matematika dengan pendekatan scientific sangat berpengaruh terhadap kreativitas siswa kelas VIII pada pokok bahasan kubus dan balok di lihat dari Kp kelas eksperimen sebesar 23,51% dan Kp kelas kontrol sebesar 15,16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Scientific, Kreativitas Siswa, Kubus dan Balok |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 27 May 2019 02:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 13:34 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |