Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an Melalui Metode Tibyan pada Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji

Annisa, Ega (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an Melalui Metode Tibyan pada Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN pdf.pdf

Download (579kB)
[img] Text
2. ABSTRAK pdf.pdf

Download (352kB)
[img] Text
3. BAB 1 pdf.pdf

Download (308kB)
[img] Text
4. BAB 2 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 6 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (202kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
11. JURNAL pdf.pdf

Download (357kB)

Abstract

Representasi dari sebuah metode yang efektif dalam proses pembelajaran adalah meningkatnya kemampuan peserta didik. al-qur’an sebagai teks normatif agama, merupakan kitab suci yang setidaknya bagai kaum muslim adalah mampu membacanya secara benar dan tepat. Salah satu metode yang bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an bagi peserta didik adalah metode at-tibyan, sebagai sebuah metode dengan membiasakan membaca dengan berulang-ulang dengan diiringi hukum tajwidnya. Ada tiga unsur dalam metode tibyan yaitu at-tahdir berkaitan dengan pengenalan materi, at-tamkin yaitu pematangan materi, dan al-murojaah sebagai pengulangan materi bacaan. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana metode at-tibyan dapat meningktan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Rambipuji Jember. Penelitian menggunakan classroom action research atau tindakan kelas dengan 20 peserta didik. Adapun instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan tes lisan dengan indikator penilaian yang telah dirumuskan meliputi: 1. Kelancaran; 2. Kesesuaian pelafalan huruf (makharijul huruf); dan 3. Ketetapan membaca sesuai tajwid. Prosentase ketuntasan penelitian 75 persen, dengan pencapaian minimal skala baik yaitu pada grade nilai 60-70 yang diperoleh siswa. Hasil penelitian pada pra sikulus, mencapai 50 persen (10 siswa), sedangkan siklus I memperoleh prosentase sebesar 65 persen (13 siswa), dan siklus kedua sebesar 75 persen (15 siswa). Kesimpulan penelitian metode at-tibyan dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Rambipuji Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: al-Qur’an, kemampuan membaca, metode tibyan, penelitian tindakan, siklus.
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.2 Islamic Doctrinal Theology > 297.267 Islam and the Arts
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ega Annisa
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRofi, SofyanNIDN0511011600
UNSPECIFIEDHuda, HairulNIDN2011703788
Contact Email Address: egaannisabagraff34@gmail.com
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:00
Last Modified: 18 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19319

Actions (login required)

View Item View Item