PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI DARUSSHOLAH SINGOJURUH

FINTA, MEIFAH NADA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI DARUSSHOLAH SINGOJURUH. Vocational Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (623kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. JURNAL FINTAAA.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2028.

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Finta Meifah Nada, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen pembimbing : (1) Dr. Bahar Agus Setiawan, MM.Pd (2) Badrut Tamami, M.Pd. I Kata Kunci : Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar Tercapainya tujuan pembelajaran merupakan salah satu indikator keberhasilan dari suatu pembelajaran. Pembelajaran dapat berhasil tentunya memerlukan faktor-faktor penunjang, salah satunya pemilihan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Word Square merupakan model pembelajaran yang menggabungkan kemampuan menjawab pertanyaan dengan ketelitian dalam mencari jawaban yang cocok pada kotak-kotak jawaban. Kelebihan model pembelajaran ini ialah dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, melatih siswa untuk bersikap disiplin, kritis, dan teliti, mendorong siswa untuk berfikir efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri Darussholah Singojuruh. Pada metode penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu angket atau Kuesioner dengan populasi siswa kelas X.5 mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang berjumlah 35 responden diantaranya 15 laki-laki dan 20 perempuan. Pada teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran word square memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X.5 yang diketahui dengan hasil uji teori regresi linier sederhana dengan nilai R= 0,470 yang berarti bahwa nilai pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri Darussholah Singojuruh yaitu sebesar 47,0%. Jadi kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran word square mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa, dan bentuk hubungannya adalah positif sesuai dengan tabel interprestasi koefisien korelasi antara 0,40-0,699.

Item Type: Thesis (Vocational Education)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.7 Protection and Propagation of Islam > 297.77 Islamic Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Finta Meifah Nada
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSetiawan, Bahar AgusUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDTamami, BadrutNIDN0722108603
Contact Email Address: fintameifahnd@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2023 01:32
Last Modified: 19 Aug 2023 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19376

Actions (login required)

View Item View Item