Implementasi Terapi Rendam Kaki Dengan Air Hangat Dan Serai Dengan Masalah Keperawatan Manajemen Kesehatan Keluarga Tidak Efektif Di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember

Maulani, Trias Nadhiroh (2023) Implementasi Terapi Rendam Kaki Dengan Air Hangat Dan Serai Dengan Masalah Keperawatan Manajemen Kesehatan Keluarga Tidak Efektif Di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK-1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. BAB I-1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy

Abstract

Kehamilan umumnya terjadi perubahan fisik yang akan meningkatkan metabolisme energi, maka kebutuhan zat gizi dan energi akan meningkat selama masa kehamilan. Salah satu yang dapat menyebabkan terjadinya preeklamsia adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga kurangnya pengetahuan keluarga dalam menangani keluarga yang mengalami preeklamsia. Dengan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, tidak melakukan kunjungan ANC rutin serta tidak mengkonsumsi obat akan memperparah kondisinya. Dengan demikian peran serta keluarga untuk merawat anggota keluarga yang sakit sangat diperlukan agar tercapainya derajat kesehatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil implementasi terapi rendam kaki dengan air hangat dan serai pada keluarga ibu hamil preeklamsia dengan masalah keperawatan manajemen kesehatan keluarga tidak efektif di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik yang merupakan salah satu jenis strategi dalam penelitian kuantitatif, dengan pendekatan case study research (studi kasus) yang bersifat asuhan keperawatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien dan keluarga mampu kooperatif dalam proses pendidikan kesehatan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keluarga mampu melakukan manajemen perawatan keluarga dengan benar dan dapat menerapkan terapi rendam kaki menggunakan air hangat dengan kombinasi serai.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 615 Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Trias Nadhiroh Maulani
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:24
Last Modified: 21 Aug 2023 02:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item