PEMBENTUKAN KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH MELALUI METODE USWATUN HASANAH PADA KELAS 8 DI MTS IMAM SYAFII GENTENG BANYUWANGI

HAMMAM, HAMMAM (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH MELALUI METODE USWATUN HASANAH PADA KELAS 8 DI MTS IMAM SYAFII GENTENG BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 1 ham.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB ll ham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB lll ham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB lV ham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V ham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB Vl ham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HAM.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN ham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
k. Jurnal - Salin.pdf

Download (406kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sarana dalam proses membentuk karakter seseorang. Pendidikan sudah ada sejak dahulu namun dalam penyampaiannya melalui cara yang berbeda-beda. Pada zaman Nabi SAW tidak mudah menyampaikan suatu materi atau ajaran yang baru, dalam melakukan dakwah, rasulullah menggunakan contoh dan akhlak yang baik. Uswah al-hasanah atau uswatun hasanan yaitu metode yang dapat diartikan sebagai ”keteladanan yang baik”. Dengan menerapkan uswatun hasanah atau suri tauladan yang baik terutama kepada anak usia remaja akan sangat berdampak besar terhadap perkembangan aklak anak tersebut nantinya. Di era perkembangan teknologi yang semakin maju, karakter atau sifat dari seorang anak akan sangat mudah terpengaruh, apalagi bagi anak pada masa sekolah menengah pertama, dimana Smp merupakan gerbang bagi anak dalam kebebasan mengakses dunia maya. Maka dari itu penulis menerapkan metode yang dapat membentuk karakter siswa menjadi karakter yang akhlakul kharimah,. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni melalui Metode Uswatun Hasanah yang di terapkan pasa siswa kelas 8 di Mts Imam Syafii Genteng Banyuwangi. Pada penelitian ini peneliti bertujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Uswatun Hasanah dalam membentuk karakter siswa kelas 8 Mts Imam Syafii Genteng Banyuwangi yang berakhlakul karimah. Dalam subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 yang berjumlah 25 siswa yang keseluruhan adalah lakilaki. Pada penelitian ini peneliti merancang dengan menngunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan adanya 4 tahapanya, yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Untuk Teknik pengumpulan data, disini peneliti menggunakan evaluasi atau tes. Adanya peningkatan dari presentase ketuntasan siswa yang terjadi pada hasil penelitian terhadap karakter akhlakul karimah siswa. Hal ini terlihat pada tindakan dari siklus I ke siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan. Karena pada Siklus I hasil yang dicapai yaitu 32% siswa yang mencapai indicator baik dan sangat baik, sisanya 68% masih berapada pada cukup dan kurang. Sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 92% siswa pada indicator baik dan sangat baik, dan sisanya 8% berada pada indicator kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.57 Religicus Experience, Life, Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hammam Hammam
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSofyan, Rofinidn0705078402
UNSPECIFIEDHairul, Hudanidn0720018902
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:10
Last Modified: 23 Aug 2023 06:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/19472

Actions (login required)

View Item View Item