Priandari, Alviana Galuh (2023) Analisis Pemasaran Agroindustri Sale Pisang Di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (785kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
|
Text
I. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) | Request a copy |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (808kB) |
|
Text
K. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
L. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Potensi pisang di Kecamatan Senduro dimanfaatkan sebagian warganya sebagai sale pisang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan keuntungan agroindustri, 2) saluran pemasaran, 3) keuntungan pemasaran, dan 4) efisiensi pemasaran. Penelitian berlokasi di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantatif dengan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive method). Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 7 pengusaha sale pisang di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan instansional. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, saluran pemasaran, keuntungan pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer′s share, dan rasio keuntungan/biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Agroindustri sale pisang di Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang menguntungkan dengan rata-rata keuntungan agroindustri sale pisang di Kecamatan Senduro sebesar Rp34.734/produk, 2) Ada dua macam saluran pemasaran sale pisang, yaitu: a.) saluran pemasaran satu tingkat digunakan oleh 29% pengrajin, b.) saluran dua tingkat digunakan oleh 71% pengrajin, 3) Keuntungan pemasaran pada saluran I sebesar Rp 3.500/kg produk sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar Rp 4.752/kg produk, 4) Seluruh saluran pemasaran yang digunakan efisien. Farmer′s share pengrajin pada saluran dua tingkat yaitu sebesar 72,75% lebih kecil daripada saluran satu tingkat yaitu sebesar 83,81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi pemasaran, keuntungan agroindustri, sale pisang, saluran pemasaran. | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Alviana Galuh Priandari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alvianapriandari@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2023 01:28 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2023 01:28 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20196 |
Actions (login required)
View Item |