PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN KALISAT PADA MATERI KELESTARIAN LINGKUNGAN

HARTINI, BILLYUN (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN KALISAT PADA MATERI KELESTARIAN LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN (halaman i-vi).pdf

Download (876kB)
[img] Text
2. ABSTRAK (halaman vii).pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 1 (halaman 1-6).pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 2 (halaman 7-26).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (halaman 27-35).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (halaman 36-48).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (halaman 49-57).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6 (halaman 58).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (halaman 59-62).pdf

Download (472kB)
[img] Text
Lampiran Edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hartini, Billyun Dianata. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN Kalisat pada Materi Kelestarian Lingkungan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Ali Usman, S.Pd., M.Pd. (2) Aulya Nanda Prafitasari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi, minat belajar, hasil belajar. Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) kurikulum didefinisikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tetapi, kenyataannya satuan pendidikan belum sepenuhnya mengembangkan kurikulum yang fleksibel sesuai dengan keadaan siswa di sekolahnya masing-masing. Sehingga, diperlukan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang memiliki minat dan kemampuan yang berbeda-beda. Pembelajaran tersebut dinamakan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga apabila minat siswa meningkat maka akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMAN Kalisat yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan dan adakah perbedaan minat belajar antara siswa yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan yang tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMAN Kalisat saat diterapkan pembelajaran berdiferensiasi dan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan yang tidak. Penelitian dilaksanakan di SMAN Kalisat. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan analisis uji Mann Whitney dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dibuktikan dengan nilai Asymp signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Sedangkan, untuk analisis perbedaan minat belajar ditemukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan yang tidak, dibuktikan dengan nilai signifikansinya sebesar 0,031 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi, minat belajar, hasil belajar.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Billyun Dianata Hartini
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:27
Last Modified: 13 Nov 2023 06:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item