Sasmito Alam, Moh Dwi Putro (2024) ANALISIS PENGARUH DIMENSI PEGAS DAUN TERHADAP KEKUATAN DAN REDAMAN DENGAN BANTUAN SOFT WARE SOLIDWORK 2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (923kB) |
|
Text
2. ABSTRAK-1.pdf Download (528kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (629kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (752kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan bermotor semakin banyak diminati dikarenakan hemat waktu juga memiliki kenyamanan dan daya angkut lebih. Oleh karena itu Kendaraan seperti pick up merupakan kendaraan yang banyak dipilih karena memiliki keunggulan kuat dalam medan berat, daya angkut yang besar, tingkat keamanan dan kenyamanan juga baik. Pada kendaraan, sistem suspensi juga harus di perhatikan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penggunanya. Di Indonesia sendiri salah satu permasalahan yang sering terjadi pada kendaraan muatan berat adalah tentang suspensi pegas daun yang kurang kuat, Seiring dengan lamanya waktu penggunaan kendaraan, performa yang dihasilkan pegas daun juga akan menurun sehingga menyebabkan tingkat kekuatan angkut dan kenyamanan menjadi kurang maksimal, Untuk mengatasi hal ini, sangat perlu di perhatikan saat memilih kualitas bahan dan tingkat ketebalan pegas yang cocok untuk Kendaraan sesuai kebutuhan dengan bantuan software solidwork 2019, diharapkan dapat membuat desain pegas daun yang kuat dengan tetap memperhatikan safety of factor (FOS) pada saat di gunakan, pegas daun yang di desain mempunyai 3 variasi yaitu pegas daun original pabrik,Modifikai 1 dan modifikasi 2 dengan penentuan material menggunakan SUP9A dengan menggunakan perbandingan safety of factor,Displacement, dan Stress. Dapat di simpulkan bahwa pegas daun Modifikasi 2 dengan stress maksimal 21,169Mpa, Displacement Maksimal 0,034mm, dan Safety of Factor 49 adalah type modifikasi pegas daun paling kuat dan aman untuk kendaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pegas daun, modifikasi, pembebanan, solidwork |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Moh Dwi Putro Sasmito Alam |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 01:20 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21130 |
Actions (login required)
View Item |