Udiniyah, Iftitah Rita (2024) Pengaruh Bulan Ramadhan Terhadap Return Saham Perusahaan di Sektor Makanan dan Minuman. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena Monthly Effect merupakan fenomena dimana preferensi investor terhadap likuiditas suatu saham dapat mengalami perubahan. Fenomena ini tercermin dalam perbedaan pada tingkat pengembalian atau return yang diperoleh pada waktu tertentu. Salah satu fenomena yang termasuk dalam Monthly Effect adalah Ramadhan Effect. Fenomena Ramadhan Effect mencerminkan hubungan yang erat antara faktor-faktor budaya, sosial, dan ekonomi dengan dinamika pergerakan harga saham. Selama bulan suci Ramadhan banyak negara dengan mayoritas penduduk muslim mengalami peningkatan aktivitas ekonomi terutama dalam sektor makanan dan minuman. Hal ini berkaitan erat dengan meningkatnya konsumsi masyarakat selama bulan puasa saat umat muslim berbelanja lebih banyak untuk persiapan berbuka puasa dan merayakan Idul Fitri. Bulan Ramadhan juga menciptakan atmosfer yang penuh dengan nilai-nilai positif dan spiritual yang pada gilirannya dapat mempengaruhi suasana hati dan sikap investor secara positif. Dalam periode ini ada kecenderungan pada investor untuk menjalani suasana hati yang lebih optimis saat mereka melakukan evaluasi investasi. adanya peningkatan aktivitas ekonomi dalam sektor makanan dan minuman di Bulan Ramadhan serta faktor spiritual yang ingin dicapai bagi umat muslim menjadikan perdagangan efek di pasar modal memiliki dua kemungkinan yaitu semakin banyak investor yang akan datang atau sebaliknya. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu harga –harga saham perusahaan makanan dan minuman tahun 2012-2022 yang didapat dari Google Finance. Dengan jumlah sampel sebanyak 59 emiten. Metode pengujian menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Bulan Ramadhan berpengaruh terhadap return saham perusahaan makanan dan minuman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ramadhan Effect, Return, Saham | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance 300 Social Science > 330 Economics > 336 Public Finance |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ekonomi Syariah | |||||||||
Depositing User: | Iftitah Rita Udiniyah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | iftitahrita5@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:14 | |||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21137 |
Actions (login required)
View Item |