ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI TERHADAP INDEKS PROFESIONALITAS APARATUR SIPIL NEGARA (IPASN) MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER

Junaedi, Arif (2024) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI TERHADAP INDEKS PROFESIONALITAS APARATUR SIPIL NEGARA (IPASN) MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (735kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pegawai Negeri Sipil yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai salah satu abdi negara dan abdi masyarakat dituntut menjadi pioneer disegala bidang, mempunyai kualitas, dedikasi, dan etos kerja yang tinggi. Fungsi ASN yaitu sebagai pelaksana pelayanan publik dan pelayan publik. Salah satu pendekatan dalam upaya meningkatkan kinerja ASN tersebut dapat dilakukan melalui kepemimpinan yang sesuai dengan peningkatan kinerja ASN. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi suatu organisasi dalam meningkatkan kinerja ASN, diantaranya yaitu kepemimpinan, motivasi kerja, dan pengembangan kompetensi ASN melalui pendidikan dan pelatihan. Sumber Daya Manusia merupakan faktor penting dalam organisasi karena manusia inilah yang mampu menggerakkan seluruh komponen yang berada dalam organisasi. Manusia yang bersumber daya harus terus ditingkatkan kemampuannya sehingga dapat mendukung dan bekerja semaksimal mungkin untuk keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai atau skor Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IPASN) Kabupaten Jember yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung maupun tidak langsung pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan kompetensi terhadap IPASN melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi sejumlah 72 orang dengan metode teknik sampling jenuh (sensus). Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (2) gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPASN, (3) gaya kepemimpinan transformasional dan pengembangan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPASN melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi, Motivasi Kerja dan IPASN
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: ARIF JUNAEDI
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:42
Last Modified: 09 Jul 2024 06:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21310

Actions (login required)

View Item View Item