PENGEMBANGAN TES FORMATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fasihah, Uswatun (2024) PENGEMBANGAN TES FORMATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
9 DAPUS.pdf

Download (229kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui tes formatif dalam bentuk pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D meliputi define, design, develop. Penelitian dilakukan dengan menyusun soal tes formatif, melakukan validasi soal oleh ahli materi, kemudian uji coba pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Glenmore. Uji coba melalui dua tahap yaitu kelompok kecil dan besar. Kelompok kecil dengan 10 siswa, sedangkan kelompok besar sejumlah 32 siswa. Hasil penelitian yaitu, tahapan validasi mendapatkan perolehan 88,33% untuk validator 1, sedangkan validator memperoleh 81,67%. Kedua skor dari validator mendapatkan kriteria sangat layak sehingga dapat diujicobakan. Pada uji coba, diperoleh skor respons guru 90% dengan kategori sangat setujudan respons siswa. Respons guru memperoleh 90% dengan kriteria sangat setuju. Sedangkan respons siswa kelompok kecil memperoleh 80,75%, kelompok besar 81,48%, keduanya mendapat kriteria sangat setuju. Sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tes formatif, Pemecahan masalah matematis, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Uswatun Fasihah
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:22
Last Modified: 11 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item