Hubungan Antara Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa (Pokok Bahasan Pencemaran Lingkunganpada Kelas VII SMP/MTs Negeri di Kecamatan Sukowono Tahun Pelajaran 2014/2015)

Ambarwati, Febri Ayu (2015) Hubungan Antara Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa (Pokok Bahasan Pencemaran Lingkunganpada Kelas VII SMP/MTs Negeri di Kecamatan Sukowono Tahun Pelajaran 2014/2015). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (564kB)
[img] Image
image00002.jpg

Download (260kB)
[img] Image
image00003.jpg

Download (332kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1 new (1-10).pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 2 new (11-42).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB 3 new (43-59).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB 4 new (60-72).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB 5 new (73-89).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB 6 new (90-91).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN (92-94).pdf

Download (199kB)
[img] Other (LAMPIRAN)
LAMPIRAN PDF.rar
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Guru sebagai salah satu faktor yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu untuk menigkatkan kualitas pendidikan maka guru juga harus professional. Keprofesionalan ituditunjang oleh kreatifitas dalam pembelajaran dan keterampilan dasar mengajar yang baik. Melihat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Terpadu yang mempunyai perbedaan signifikan pada beberapa SMP/MTs Negeri di KecamatanSukowono, maka penulis ingin meneliti lebih lanjut apakah terdapat hubungan antara keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh guru dengan hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar Biologi siswa pada mata pelajaran IPA Terpadukelas VII SMP/MTs Negeri di KecamatanSukowono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar Biologi siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu kelas VII SMP/MTs Negeri di KecamatanSukowono. Penelitian ini dilaksanakan di SMP/MTs Negeri Kecamatan Sukowono dari tanggal 25 April sampai 18 Mei 2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA Biologi dan siswa SMP/MTs kelas VII di Kecamatan Sukowono Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan untuk guru adalah total sampling yaitu diambil sebanyak 5 orang guru dari semua sekolah dan purposive sampling untuk siswa yaitu diambil 1 kelas yang memiliki karektisitik yang sama dari masing-masing sekolah.Variabel bebas: Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Variabel terikat: hasil belajar Biologi siswa. Metode Pengumpulan Data: observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Analisis Data: koefisien korelasi dengan menggunakan rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP/MTs Negeri di Kecamatan Sukowono. Besar variansi hasil belajar biologi siswa ditentukan keterampilan dasar guru dalam mengajar sebesar 93,1% dan 6,9% kontribusi dari faktor lain. Hubungan keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar biologi siswa dapat dijelaskan melalui hubungan linier dengan persamaan Ŷ =27,754 + 0,580X dan nilai r sebesar 0,965yang artinya hubungan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar biologi sangat kuat. Untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa, maka perlu meningkatkan keterampilan dasar guru dalam mengajar. Jika keterampilan dasar guru meningkat, maka hasil belajar Biologi siswa juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 02 Mar 2024 05:00
Last Modified: 02 Mar 2024 05:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item View Item