Rosyidah, Ulfiatur (2024) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text
DAPUS.pdf Download (141kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pembelajaran sangat berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Salah satu strategi pembelajaran adalah strategi ekspositori. Strategi ekspositori telah diterapkan oleh guru PAI di SMP Plus Mambaul Ulum dalam membentuk karakter siswa. Rumusan masalah yang telah disusun yaitu bagaimana strategi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono. Bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa. Pendekatan kualitatif berjenis deskriptif yang digunakan dalam penelitian, pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan menggunakan teknik tringulasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa menggunakan strategi ekspositori. Pemanfaatan strategi ekspositori pada siswa lebih kondusif dan efektif yang didasari dengan pembelajaran PAIKEM yang lebih menyenangkan. Guru PAI di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono dalam membentuk karakter siswa menerapkan pembiasaan rutin, menjadi teladan, memberi dorongan yang positif, lingkungan yang mendukung, sehingga adanya penerapan tersebut siswa menjadi lebih jujur, disiplin dan Amanah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Karakter Siswa | |||||||||
Subjects: | 200 Religious 300 Social Science |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Ulfiatur Rosyidah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | dwirosyiulfiatur@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 02:50 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 02:50 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21504 |
Actions (login required)
View Item |