PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA (KELUARGA MADURA) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK REMAJA PADA SISWA DI SMPN 1 SUKOWONO

Hasanah, Faizatul (2024) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA (KELUARGA MADURA) TERHADAP PRESTASI AKADEMIK REMAJA PADA SISWA DI SMPN 1 SUKOWONO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan orang tua orang tua adalah pastisipasi dalam proses kegiatan belajar anaknya yang mencakup pemenuhan kebutuhan sarana prasarana anak dalam belajar, aktifitas belajar anak di sekolah dan di rumah, dan pemberian motivasi kepada anaknya. Sedangkan prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha individu yang disajikan dalam bentuk simbol maupun angka yang mencerminkan hasil belajar dalam suatu periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar anaknya dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa SMPN 1 Sukowono. Populasi penelitian sebanyak 322 siswa dengan jumlah sampel 191 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Skala yang digunakan yaitu skala keterlibatan orang tua yang dimodifikasi dari penelitian Ristianti (2015) berdasarkan teori Schunk dan dokumentasi hasil belajar siswa. Hasil uji validitas skala keterlibatan orang tua, nilai validitas yang berkisar diantara -0,6 sampai dengan 0,538, dan nilai Croonbach’s Alpha sebesar 0,824 yang berarti skala keterlibatan orang tua sangat reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel keterlibatan orang tua (X) dengan prestasi belajar (Y) (p = 0,00 < 0,05), sebesar 10,7% (r = 0,107). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti bahwa ditemukan pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan prestasi akademik remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Faizatul Hasanah
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:01
Last Modified: 17 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item