UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 15 AMBULU

Nasrullah, Ahmad Luthfan (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 15 AMBULU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A.PENDAHULUAN TTD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (831kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (997kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J.LAMPIRAN TTD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kenakalan siswa merupakan masalah yang sering muncul di lingkungan Pendidikan, media masa akhir-akhir ini menunjukkan kenakalan remaja di Indonesia semakin meningkat dan dapat berdampak negatif pada kualitas pembelajaran serta suasana di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai tugas tidak hanya mengajarkan agama kepada siswa tetapi juga membantu mereka dalam pertumbuhan psikologis, sosial, dan moral. Penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan yang berharga tentang peran atau upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP. Hasil skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi sebagai bahan yang dapat dimanfaatkan pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menyikapi masalah dan menambah pengetahuan menganalisis masalah-masalah di dunia Pendidikan.. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa yang teridentifikasi melakukan pelanggaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dan mencegah kenakalan siswa di SMP Muhammadiyah 15 Ambulu sudah berlangsung secara maksimal. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang strategi yang efektif, sekolah dan pendidik dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman, mendukung, dan memfa-silitasi perkembangan positif siswa. Penelitian lebih lanjut dapat memperdalam pemahaman tentang tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi kenakalan siswa dan cara untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengatasi masalah ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: AHMAD LUTHFAN NASRULLAH
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:55
Last Modified: 19 Jul 2024 06:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item