Ayu, Alifya (2024) Strategi Guru Dalam Melatih Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di TK Al-Hijrah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (710kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi pengajaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk membantu anak usia dini mempertahankan konsentrasi mereka selama proses belajar. Guru memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan merancang aktivitas yang mampu menarik minat serta menjaga konsentrasi anak. Masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi guru menggunakan strategi langsung dan strategi tidak langsung dalam melatih konsentrasi belajar anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap konsentrasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian bahwa strategi pembelajaran langsung efektif dalam meningkatkan konsentrasi anak usia dini melalui interaksi personal, penggunaan alat peraga konkret, dan keterlibatan aktif anak dalam proses belajar. Guru dapat membantu anak-anak lebih fokus dan terlibat lebih banyak dalam pengalaman belajar dengan menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan respons serta penguatan positif secara langsung. Implementasi strategi pembelajaran tidak langsung oleh guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mendukung eksplorasi mandiri, dan meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi. Strategi pembelajaran tidak langsung ini akan memungkinkan anak untuk belajar dengan cara yang alami dan menyenangkan, sekaligus mengembangkan keterampilan kemandirian dan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, Konsentrasi belajar, Anak usia dini | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Alifya Sekar Ayu | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | alifyasekarayu1312@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:15 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21734 |
Actions (login required)
View Item |