ANALISIS DAMPAK PASCA COVID TERHADAP PEMASARAN IKAN HIAS KOI (CYPRINUS CARPIO) PADA UMKM NATURAL AGENT, KLABANG BONDOWOSO

yudana dwiyadi, agung (2024) ANALISIS DAMPAK PASCA COVID TERHADAP PEMASARAN IKAN HIAS KOI (CYPRINUS CARPIO) PADA UMKM NATURAL AGENT, KLABANG BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammaddiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB) | Request a copy

Abstract

Ikan hias Koi merupakan produk hiburan yang mempunyai nilai ekonomis yang nyata. Warnanya yang mencolok dan gaya berenangnya, menjadi hiburan tersendiri. Bahkan dikalangan pecinta Koi, ikan Koi dapat menjadi investasi bagi mereka. Ikan Koi merupakan ikan hias air tawar yang cukup populer, dan merupakan salah satu ikan kebanggaan bagi pecintanya. Ikan air tawar eksotik ini mencuat diantara banyaknya ikan hias pasaran manca negara, seperti lohan dan arwana. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Apa saja faktor internal dan eksternal yang memengaruhi dalam saluran pemasaran Ikan Hias Koi pada UMKM Natural Agent, Klabang Bondowoso pasca pandemi covid 19. Strategi apakah yang paling tepat dalam meningkatkan volume penjualan Ikan Hias Koi pada UMKM Natural Agent, Klabang Bondowoso pasca pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang terdapat dalam kegiatan usaha budidaya ikan hias koi meliputi: Keaneka ragaman jenis warna ikan hasil produksi, Input produksi dapat dihasilkan sendiri, adanya kerja sama dengan pihak pedagang dan modal sendiri sedangkan untuk factor kelemahan meliputi: pengalaman yang masih minim, kurang mengetahui teknik budidaya ikan koi, pemasaran ikan koi yang masih melalui agen dan modal yang terbatas. Faktor eksternal yang terdapat pada kegiatan usaha budidaya ikan koi, dari segi peluang meliputi: jenis ikan koi yang diminati dipasaran, adanya komunitas hobies dan pecinta, lokasi budidaya yang strategis dan perkembangan teknologi sedangkan untuk faktor ancaman meliputi: harga input produksi yang fluktuatif, trend pasar yang berubah-ubah, masuknya produk lain dan serangan penyakit.Bentuk Strategi yang digunakan dalam usaha pengembangan usaha budidaya ikan koi di daerah penelitian menggunakan Strategi S O (Strength and Opportunities). Strategi ini menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman. Strategi SO menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Covid -19, Marketing Strategy, SWOT Analysis
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Agung Yudana Dwiyadi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:49
Last Modified: 19 Jul 2024 03:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item