Klarita, Dwi P. T. E (2024) Pengelolaan Sarana dan Prasana Pendidikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 1 Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (357kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana memiliki dampak yang signifikan terhadap kegiatan pembelajaran. Pembelajaran akan berhasil apabila sarana dan prasarana dikelola dengan baik. Kondisi sarana dan prasarana yang ideal adalah yang sudah memenuhi standar nasional pendidikan, pengelolaan sarana yang efektif, ketersediaan sarana yang memadai, prasarana yang mendukung, pemeliharaan yang sesuai, lingkungan belajar yang menyenangkan, dan evaluasi. Sarana dan prasarana memiliki problematika yaitu ketersediaan sarana dan prasarana, kurangnya pengelolaan yang profesional, motivasi sekolah yang rendah, kurangnya dukungan dari pemerintah, kurangnya perencanaan dan pemeliharaan, dan fasilitas yang tidak memadai, serta peran penting kepala sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di TK ABA 1 Kaliwates. . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara jelas, objektif, dan ilmiah tentang pengelolaan sarana dan prasarana di TK ABA 1 Kaliwates, Jember. Data kualitatif berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci: guru. Informan pendukung: kepala sekolah. Berdasarkan hasil observasi, hasil penelitian ini adalah TK ABA 1 Kaliwates sudah memiliki akreditasi A dan telah memenuhi standar sarana dan prasarana, namun pengelolaan sarana dan prasarana masih memerlukan perhatian lebih untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Waka sarana dan prasarana di TK ABA 1 Kaliwates bertanggung jawab atas pengelolaan sarana dan prasarana yang meliputi: perencanaan, pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan sarana yang melibatkan kepala sekolah, PCA, dan pemerintah. Perencanaan sarana dan prasarana di TK ABA 1 Kaliwates melibatkan guru, kepala sekolah, dan PCA, dengan memprioritaskan keamanan anak. Pengadaan dilakukan melalui pembelian dan daur ulang. penggunaan sarana disesuaikan dengan usia anak, dan pemeliharaan dilakukan oleh pihak-pihak yang ditunjuk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Sarana dan Prasarana | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Dwi Putri Tungga Emilda Klarita | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | klaritadwi36075@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 01:54 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 01:54 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22150 |
Actions (login required)
View Item |