Maulidah, Zilfa (2024) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MTS AL – FALAH AJUNG JEMBER SKRIPSI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (799kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Maulidah, Zilfa. 2024. Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs Al-Falah Ajung Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Agus Milu Susetyo M.Pd. (2) Dina Merdeka Citraningrum M.Pd. Kata Kunci: CTL, Kuantitatif, Minat Belajar Siswa, Peningkatan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Penilaian Tidakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Falah Ajung Jember. Penelitian ini menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi teks berita. Kegiatan penelitian dilakukan melalui beberapa siklus, dimulai dari persiapan hingga pembuatan laporan. Subjek penelitian meliputi peneliti dan seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Falah Ajung. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, difokuskan pada hasil belajar siswa dalam ranah kognitif atau minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berhasil meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti memberikan saran kepada sekolah untuk memberikan masukan kepada guru mengenai upaya meningkatkan hasil minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model CTL. Guru juga disarankan untuk menerapkan model CTL dalam praktik pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: CTL, Kuantitatif, Minat Belajar Siswa, Peningkatan | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 340 Law > 344 Labor, Social, Education & Curtural Law | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Zilfa Maulidah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | zilfamaulida92@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:21 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22342 |
Actions (login required)
View Item |