PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MTS AL – FALAH AJUNG JEMBER SKRIPSI

Maulidah, Zilfa (2024) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MTS AL – FALAH AJUNG JEMBER SKRIPSI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (799kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (594kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Maulidah, Zilfa. 2024. Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs Al-Falah Ajung Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Agus Milu Susetyo M.Pd. (2) Dina Merdeka Citraningrum M.Pd. Kata Kunci: CTL, Kuantitatif, Minat Belajar Siswa, Peningkatan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Penilaian Tidakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Falah Ajung Jember. Penelitian ini menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi teks berita. Kegiatan penelitian dilakukan melalui beberapa siklus, dimulai dari persiapan hingga pembuatan laporan. Subjek penelitian meliputi peneliti dan seluruh siswa kelas VIII MTS Al-Falah Ajung. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, difokuskan pada hasil belajar siswa dalam ranah kognitif atau minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berhasil meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti memberikan saran kepada sekolah untuk memberikan masukan kepada guru mengenai upaya meningkatkan hasil minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model CTL. Guru juga disarankan untuk menerapkan model CTL dalam praktik pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: CTL, Kuantitatif, Minat Belajar Siswa, Peningkatan
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 344 Labor, Social, Education & Curtural Law
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Zilfa Maulidah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSusetyo, Agus MiluNIDN0718088602
Thesis advisorCitraningrum, Dina MerdekaNIDN0717088701
Contact Email Address: zilfamaulida92@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:21
Last Modified: 25 Jul 2024 06:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22342

Actions (login required)

View Item View Item