Gambaran Pemahaman Membaca pada Siswa

Maulida, Eva (2024) Gambaran Pemahaman Membaca pada Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis (Tarigan, 2013). Ayu (2019) kemampuan pemahaman membaca adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan memperoleh makna dari suatu sumber yang dibaca yang dilakukan secara cermat dan teliti dengan melibatkan pengetahuan dan pengalaman pembaca untuk dihubungkan dengan isi bacaan. Menurut Jauhari (2014) adalah siswa akan memperoleh berbagai informasi secara aktif reseptif, maksudnya dengan memiliki kemampuan pemahaman membaca yang tinggi, siswa dapat memperoleh berbagai informasi dalam waktu yang relatif singkat. Pembelajaran membaca pada tingkat dasar yang seharusnya menjadi prioritas cenderung diabaikan. Lemahnya tingkat kemampuan pemahaman membaca siswa merupakan kendala untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Hal ini yang membuat rendahnya nilai hasil belajar siswa, padahal keterampilan membaca mempunyai peranan untuk dapat menunjang keterampilan lain seperti menyimak, berbicara, dan menulis. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran membaca pada siswa kelas besar (4,5,6) di SDN 2 Tulungrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel pemahaman membaca. Sampel penelitian siswa SD 2 Tulungrejo sebanyak 78 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman membaca (14 aitem;α=0,643) dari penelitian Benny Setiawan. Analisis data menggunakan kuatitatif deskriptif dengan menggunakan SPSS v21 for windows. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman membaca pada siswa SD 2 Tulungrejo terindentifikasi memiliki perilaku pemahaman membaca yang tinggi dengan prosentase (61,5%). Artinya semakin tinggi mereka memahami isi bacaan semakin mudah mereka untuk menangkap isi yang mareka baca. Kata Kunci: Membaca,Pemahaman Membaca, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Reading,Reading Comprehension, Student
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Eva Maulida
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWidyarini, Nurlaelanidn0029057501
UNSPECIFIEDSwastikasari, AnggraeniNIDN
Contact Email Address: maulidaeva9@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:02
Last Modified: 30 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22724

Actions (login required)

View Item View Item