God Image pada Anak Muslim

Wardhana, Jasmine Qonitah (2024) God Image pada Anak Muslim. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak-anak sering bertanya tentang Tuhan, seperti asal-usul kehidupan, penciptaan makhluk, dan alasan menjalankan perintah Tuhan. Pada usia operasional konkret, mereka berpikir secara nyata dan memahami bahasa keagamaan sebagai entitas konkret. Citra Tuhan pada anak-anak mencakup seluruh aspek religiusitas dan merupakan pengalaman religius yang mendasar. Penelitian ini fokus pada anak-anak Muslim, di mana ajaran Islam menggambarkan Allah melalui sifat-sifat-Nya tanpa bentuk fisik atau materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman anak-anak Muslim tentang citra Tuhan melalui dua aspek utama: visualisasi dan interaktivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara semi-terstruktur. Partisipan penelitian terdiri dari dua anak laki-laki dan dua anak perempuan berusia 7-11 tahun. Analisis data dilakukan dengan metode directed content analysis. Penelitian ini juga melibatkan orang tua sebagai sumber informasi tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra Allah pada anak-anak terbentuk melalui visualisasi dan interaktivitas. Dalam aspek visualisasi, anak-anak membayangkan Allah melalui tiga tema utama: (1) Citra Allah Antropomorfik, menggambarkan Allah dengan atribut manusia; (2) Citra Allah Non- antropomorfik, melihat Allah sebagai entitas yang lebih abstrak; dan (3) Citra Allah Tematik, mengaitkan Allah dengan peran spesifik seperti pencipta atau pelindung. Dalam aspek interaktivitas, anak-anak berhubungan dengan Allah melalui: (1) Merasa senang dan aman setelah berdoa; (2) Menganggap Allah sebagai tempat meminta segala keinginan; (3) B Aja. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya visualisasi dan interaktivitas dalam membentuk pemahaman anak-anak tentang Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Jasmine Qonitah Wardhana
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorHandayani, Panca KursistinNIDN0003037301
Thesis advisorWidyarini, NurlaelaNIDN0029057501
Contact Email Address: jasmine.qonitah22@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:52
Last Modified: 05 Aug 2024 07:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23069

Actions (login required)

View Item View Item