Wardhana, Jasmine Qonitah (2024) God Image pada Anak Muslim. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Anak-anak sering bertanya tentang Tuhan, seperti asal-usul kehidupan, penciptaan makhluk, dan alasan menjalankan perintah Tuhan. Pada usia operasional konkret, mereka berpikir secara nyata dan memahami bahasa keagamaan sebagai entitas konkret. Citra Tuhan pada anak-anak mencakup seluruh aspek religiusitas dan merupakan pengalaman religius yang mendasar. Penelitian ini fokus pada anak-anak Muslim, di mana ajaran Islam menggambarkan Allah melalui sifat-sifat-Nya tanpa bentuk fisik atau materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman anak-anak Muslim tentang citra Tuhan melalui dua aspek utama: visualisasi dan interaktivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara semi-terstruktur. Partisipan penelitian terdiri dari dua anak laki-laki dan dua anak perempuan berusia 7-11 tahun. Analisis data dilakukan dengan metode directed content analysis. Penelitian ini juga melibatkan orang tua sebagai sumber informasi tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra Allah pada anak-anak terbentuk melalui visualisasi dan interaktivitas. Dalam aspek visualisasi, anak-anak membayangkan Allah melalui tiga tema utama: (1) Citra Allah Antropomorfik, menggambarkan Allah dengan atribut manusia; (2) Citra Allah Non- antropomorfik, melihat Allah sebagai entitas yang lebih abstrak; dan (3) Citra Allah Tematik, mengaitkan Allah dengan peran spesifik seperti pencipta atau pelindung. Dalam aspek interaktivitas, anak-anak berhubungan dengan Allah melalui: (1) Merasa senang dan aman setelah berdoa; (2) Menganggap Allah sebagai tempat meminta segala keinginan; (3) B Aja. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya visualisasi dan interaktivitas dalam membentuk pemahaman anak-anak tentang Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Jasmine Qonitah Wardhana | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | jasmine.qonitah22@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2024 07:52 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 07:52 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23069 |
Actions (login required)
View Item |