Hubungan Ketepatan Waktu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Pengguna BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Kalisat

Afkarina Putri, Nasilia (2024) Hubungan Ketepatan Waktu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Pengguna BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Kalisat. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas sebagai layanan kesehatan, kemampuan puskesmas dalam memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur tingkat kepuasan pasien. Kepuasan dimulai dari penerimaan terhadap pasien dari pertama kali datang dan pasien pulang. Tingkat kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketepatan waktu pelayanan. Ketepatan waktu pelayanan kesehatan sebuah keharusan dalam penyelesaian pelayanan kesehatan yang ditetapkan mulai dari pendaftaran hingga selesainya pelayanan kesehatan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ketepatan waktu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS rawat jalan di Puskesmas kalisat. Desain penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan crosssectional, jumlah sampel 42 pasien rawat jalan di puskesmas kalisat yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah spearman rho dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini 30 responden ketepatan waktu pelayanan baik dengan tingkat kepuasan dalam kategori puas dan cukup puas 4 respondan. Dari 80% responden yang menyatakan pelayanan di puskesmas kalisat dalam kategori tidak tepat waktu 37,5% merasa kurang puas, 62,5% merasa cukup puas. Hasil uji statistik didapatkan hasil p value (0,001) sehingga H1 diterima, yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu dan kepuasan pasien di puskesmas kalisat. Nilai koefisien kolerasi diperoleh angka koefisien korelasi sebesar (0,797) yang berarti termasuk hubungan sangat kuat, dengan hubungan kedua variabel bersifat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nasilia Afkarina Putri
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmuji, AsmujiNIDN0015067201
Thesis advisorRhosma Dwi, SofiaNIDN0724128403
Contact Email Address: nasiliaafkarina@gmail.com
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:14
Last Modified: 16 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item View Item