Afkarina Putri, Nasilia (2024) Hubungan Ketepatan Waktu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Pengguna BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Kalisat. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (543kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (554kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Puskesmas sebagai layanan kesehatan, kemampuan puskesmas dalam memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur tingkat kepuasan pasien. Kepuasan dimulai dari penerimaan terhadap pasien dari pertama kali datang dan pasien pulang. Tingkat kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketepatan waktu pelayanan. Ketepatan waktu pelayanan kesehatan sebuah keharusan dalam penyelesaian pelayanan kesehatan yang ditetapkan mulai dari pendaftaran hingga selesainya pelayanan kesehatan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ketepatan waktu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS rawat jalan di Puskesmas kalisat. Desain penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan crosssectional, jumlah sampel 42 pasien rawat jalan di puskesmas kalisat yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah spearman rho dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini 30 responden ketepatan waktu pelayanan baik dengan tingkat kepuasan dalam kategori puas dan cukup puas 4 respondan. Dari 80% responden yang menyatakan pelayanan di puskesmas kalisat dalam kategori tidak tepat waktu 37,5% merasa kurang puas, 62,5% merasa cukup puas. Hasil uji statistik didapatkan hasil p value (0,001) sehingga H1 diterima, yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu dan kepuasan pasien di puskesmas kalisat. Nilai koefisien kolerasi diperoleh angka koefisien korelasi sebesar (0,797) yang berarti termasuk hubungan sangat kuat, dengan hubungan kedua variabel bersifat positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Nasilia Afkarina Putri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nasiliaafkarina@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 07:14 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 07:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23260 |
Actions (login required)
View Item |