ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOPI DI KABUPATEN JEMBER (STUDI KASUS PADA KOPERASI MUSLIMAT AL-IKHLAS)

Maafi, Alfin (2024) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOPI DI KABUPATEN JEMBER (STUDI KASUS PADA KOPERASI MUSLIMAT AL-IKHLAS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Agroindustri kopi merupakan salah satu agroindustri yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbesar di Jawa Timur. Koperasi Muslimat AL-Ikhlas merupakan salah satu Agroindustri Kopi yang berada di Desa sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis nilai tambah agroindustri kopi di Koperasi Muslimat Al-Ikhlas, merumuskan starategi pengembangan agroindustri kopi di Koperasi Muslimat Al-Ikhlas. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah metode Hayami dan SWOT. Hasil dari analisis nilai tambah yang dilakukan menunjukkan bahwa olahan kopi sangrai (Roasted Bean) dan kopi bubuk (Ground Coffee) menghasilkan nilai tambah berturut-turut yaitu Rp. 68.275/Kg dengan rasio nilai tambah sebesar 83% dan Rp. 72.175/Kg dengan rasio nilai tambah 84%. Keuntungan yang diperoleh produsen dari aktivitas produksi olahan kopi yaitu sebesar 65.075/kg pada produk olahan Roasted Bean dengan tingakt keuntungan sebesar 95% dan Rp. 68.975/kg untuk olahan Ground Coffee dengan tingkat keuntungan 96%. Berdasarkan hasil identifikasi peluang dan memilki bobot 0,81 dan ancaman 0,37. Dari hasil matriks EFE dengan total skor 1,18 dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan eksternal dalam usaha pengolahan kopi masih belum sepenuhnya responsif terhadap peluang yang ada dan tantangan yang dihadapi. Strategi pengembangan yang disarankan adalah Strengths - Opportunities (S-O). Langkah-langkah yang perlu diambil meliputi mengoptimalkan lahan usaha tani untuk meningkatkan dan mengembangkan produksi, memanfaatkan pasar yang ada untuk memudahkan proses pemasaran kopi, menggunakan media sosial sebagai platform untuk pemasaran produk olahan kopi secara online, meningkatkan sarana dan prasarana produksi kopi agar output lebih optimal, serta menciptakan inovasi produk olahan kopi lainnya untuk menarik minat masyarakat terhadap kopi olahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agroindustri Kopi; Nilai Tambah; Matrik SWOT
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 633 Field and Plantation Crops
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agriculture Industrial Technology (S1)
Department: S1 Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Alfin Maafi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorWardhana Indra, Danunidn0705089203
Thesis advisorNalawati Nugrahayu, Aranidn0723098908
Contact Email Address: Alfinmaafi21@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:38
Last Modified: 19 Aug 2024 01:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23320

Actions (login required)

View Item View Item