Representasi Narsis Dalam Iklan Televisi (Studi Semiotika Pada Iklan Axis Versi Ganteng Dikit Cekrek)



Qurayzi, Sergi Mawaruffa (2016) Representasi Narsis Dalam Iklan Televisi (Studi Semiotika Pada Iklan Axis Versi Ganteng Dikit Cekrek). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi narsis dalam iklan Axis Versi Ganteng Dikit Cekrek. Peneliti tertarik dengan judul ini karena iklan ini ditujukan kepada masyarakat kalangan menengah kebawah yang sangat narsis dengan segala keterbatasan yang mereka miliki.
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan teori semiotika milik Roland Barthes yang mengembangkan sistem penandaan menjadi dua tingkatan yaitu denotasi (apa yang difoto) dan konotasi (bagaimana memproses maknanya), aspek lain dalam penandaan yaitu mitos yang cara bekerjanya terletak pada sistem penandaan kedua. Ketika suatu tanda yang memiliki makna konotasi kemudian berkembang menjadi makna denotasi maka makna denotasi tersebut akan menjadi mitos.
Untuk mengetahui representasi dalam iklan Axis Versi Ganteng Dikit Cekrek, peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif yang memungkinkan mencari pemaknaan secara mendalam hingga tahapan ideologis. Untuk membaca tanda pada teks iklan peneliti menggunakan metode analisis semiotik.
Setelah melakukan pembacaan peneliti menemukan representasi narsisme dalam iklan Axis Versi Ganteng Dikit Cekrek adalah masyarakat kalangan menengah kebawah yang eksis di media sosial dengan segala keterbatasan yang mereka miliki.
Narsis tidak mengenal kelas kehidupan seseorang. Masyarakat kelas atas, kelas bawah, presiden, pejabat, selebriti, presenter, ibu rumah tangga, pegawai, mahasiswa, tukang ojek bahkan pelajar juga bisa jadi seseorang yang disebut narsisme. Ini menandakan bahwa narsisme bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat.

[error in script]

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Sergi Mawaruffa Qurayzi (1210521015)
Keywords/Kata Kunci: Representasi, Narsis, Iklan dan Televisi, Video Iklan Axis Versi Ganteng Dikit Cekrek.
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Endang Dewi Kartika | endangdewika@gmail.com
Date Deposited: 26 May 2018 01:49
Last Modified: 28 Oct 2019 03:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item