Hikmah, Faiqotul (2018) Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa-siswi SDN Mayangan 04 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Pendahuluan.pdf Download (524kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (57kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (64kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (153kB) |
Abstract
Kematangan emosi adalah kemampuan individu untuk dapat menggunakan emosinya dengan baik dan dapat menyalurkan emosinya pada hal-hal yang bermanfaat bukan menghilangkan emosi yang ada dalam dirinya. Dengan mengendalikan emosi secara tepat, maka siswa akan mudah menangkap informasi secara maksimal ketika proses pembelajaran terutama pada hal membaca. Karena membaca bukan hanya sekedar kemampuan melafalkan teks bacaan namun berkaitan dengan kemampuan pemahaman tentang teks yang dibacanya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kematangan emosi terhadap kemampuan membaca pada siswa SDN Mayangan 04 Jember. Data penelitian ini diperoleh menggunakan kuisioner jenis skala guttman untuk variabel kematangan emosi dan tes IRI (Informal Reading Inventory) untuk variabel kemampuan membaca. Uji validitas instrumen menggunakan rumus koefisien korelasi product moment pearson dan reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel penelitian adalah siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Mayangan 04 Jember yang berjumbal 20 siswa. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas. Instrumen yang valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data dengan hasil tidak terdapat hubungan kematangan emosi dengan kemampuan membaca. Teknik analisa regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk dengan nilai F hitung sebesar 0,665 lebih besar dari F dengan taraf signifikansi tingkat signifikansi 0,425 > 0,05. Kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 3,6%. Hasil penelitian menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kematangan emosi terhadap kemampuan membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kematangan Emosi, Kemampuan Membaca | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI73201#PSIKOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2019 13:46 | |||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2019 13:46 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2341 |
Actions (login required)
View Item |