THE CORRELATION BETWEEN SECOND LANGUAGE WRITING ANXIETY (SLWA) AND GENDER AMONG ENGLISH EDUCATION STUDENTS IN JEMBER
Triwulandari, Febriani (2025) THE CORRELATION BETWEEN SECOND LANGUAGE WRITING ANXIETY (SLWA) AND GENDER AMONG ENGLISH EDUCATION STUDENTS IN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Menulis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa kedua yang melibatkan proses kognitif dan linguistik. Akan tetapi, banyak siswa mengalami kecemasan saat menulis, yang dapat memengaruhi kinerja menulis dan pengalaman belajar secara keseluruhan. Salah satu faktor yang telah banyak diteliti dalam penelitian pembelajaran bahasa adalah perbedaan gender dalam kecemasan saat menulis.
Penelitian ini menyelidiki apakah terdapat korelasi yang signifikan antara Kecemasan Menulis Bahasa Kedua (SLWA) dan gender di antara mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Jember. Metode penelitian kuantitatif digunakan, memanfaatkan korelasi titik-biserial untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel ini. Sampel terdiri dari 100 mahasiswa dari semester 4 dan 6 di Universitas Jember dan Universitas Muhammadiyah Jember. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kecemasan saat menulis.
Temuan menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara gender dan Kecemasan Menulis Bahasa Kedua. Hal ini menunjukkan bahwa gender berperan dalam menentukan tingkat kecemasan saat menulis pada siswa. Hasil ini mendukung penelitian sebelumnya yang menemukan perbedaan tingkat kecemasan saat menulis antara siswa laki-laki dan perempuan.
Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendidik mempertimbangkan perbedaan gender saat mengembangkan strategi pengajaran untuk membantu siswa mengatasi kecemasan saat menulis. Menerapkan intervensi yang ditargetkan, seperti umpan balik yang dipersonalisasi dan latihan menulis terstruktur, dapat membantu memenuhi kebutuhan spesifik siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dalam pengajaran menulis bahasa kedua.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHatip, MochNIDN0718036001Dosen PembimbingNuraini, KristiUNSPECIFIED
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Second Language Writing Anxiety, Gender, English Education Students |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1) |
Depositing User: | Febriani Triwulandari | Febrianiisani221@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 01:13 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:13 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |