THE CORRELATION BETWEEN SECOND LANGUAGE WRITING ANXIETY (SLWA) AND GENDER AMONG ENGLISH EDUCATION STUDENTS IN JEMBER



Triwulandari, Febriani (2025) THE CORRELATION BETWEEN SECOND LANGUAGE WRITING ANXIETY (SLWA) AND GENDER AMONG ENGLISH EDUCATION STUDENTS IN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Menulis merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa kedua yang melibatkan proses kognitif dan linguistik. Akan tetapi, banyak siswa mengalami kecemasan saat menulis, yang dapat memengaruhi kinerja menulis dan pengalaman belajar secara keseluruhan. Salah satu faktor yang telah banyak diteliti dalam penelitian pembelajaran bahasa adalah perbedaan gender dalam kecemasan saat menulis.
Penelitian ini menyelidiki apakah terdapat korelasi yang signifikan antara Kecemasan Menulis Bahasa Kedua (SLWA) dan gender di antara mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Jember. Metode penelitian kuantitatif digunakan, memanfaatkan korelasi titik-biserial untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel ini. Sampel terdiri dari 100 mahasiswa dari semester 4 dan 6 di Universitas Jember dan Universitas Muhammadiyah Jember. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kecemasan saat menulis.
Temuan menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara gender dan Kecemasan Menulis Bahasa Kedua. Hal ini menunjukkan bahwa gender berperan dalam menentukan tingkat kecemasan saat menulis pada siswa. Hasil ini mendukung penelitian sebelumnya yang menemukan perbedaan tingkat kecemasan saat menulis antara siswa laki-laki dan perempuan.
Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendidik mempertimbangkan perbedaan gender saat mengembangkan strategi pengajaran untuk membantu siswa mengatasi kecemasan saat menulis. Menerapkan intervensi yang ditargetkan, seperti umpan balik yang dipersonalisasi dan latihan menulis terstruktur, dapat membantu memenuhi kebutuhan spesifik siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dalam pengajaran menulis bahasa kedua.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hatip, Moch
NIDN0718036001
Dosen Pembimbing
Nuraini, Kristi
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Second Language Writing Anxiety, Gender, English Education Students
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1)
Depositing User: Febriani Triwulandari | Febrianiisani221@gmail.com
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:13
Last Modified: 26 Feb 2025 01:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24363

Actions (login required)

View Item View Item