PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROGRAM LATEX BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PELUANG

jamik, nini dewi eka awawin (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROGRAM LATEX BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
pendahuluan f.pdf

Download (902kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
2.pdf

Download (689kB)
[img] Text
3b.pdf

Download (637kB)
[img] Text
4.pdf

Download (768kB)
[img] Text
5.pdf

Download (227kB)
[img] Text
6.pdf

Download (294kB)
[img] Text
daftar rujukan r.pdf

Download (330kB)
[img] Text
1570760408209_artikel.pdf

Download (644kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah dunia saat ini sedang memasuki era digital atau sering disebut dengan indtustri 4.0 dimana pada era ini semua kegiatan menggunakan elektronik pola relasi dan komunikasi telah dimanfaatkan sepneuhnya dalam bidang pendidikan. Salah satunya yang ikut andil adalah membuat lembar kerja peserta didik menggunakan program LaTex selain menggunakan program tersebut peneliti juga menggunakan aplikasi online yaitu canva digunakan untuk membuat desain lembar kerja peserta didik sehingga terlihat lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan program LaTeX berbantuan canva pada materi peluang dan uji coba lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan program LaTeX berbantuan canva pada materi peluang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research & Development (R&D). pelaksanaan penelitian pada bulan 17 Juni dan 16-18 Juli 2019 di SMP Negeri 10 Jember. Peneliti menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar validasi materi, wawancara, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan penelitian ini adalah analisis data validasi, analisis kepraktisan lembar kerja peserta didik, dan analisis tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian adalah Data tes hasil belajar dapat disimpulkan bahwa tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang dicapai adalah sebanyak 92% yang artinya lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan program LaTeX berbantuan canva dalam bentuk PDF yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan oleh peserta didik dan dinyatakan efektif. Lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dinyatakan dengan kualitas baik, mendapat perlakuan yaitu coba kembali dan mendapat nilai dengan persentase adalah 78,4% Simpulan penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembang oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan program LaTeX berbantuan canva dalam bentuk PDF pada materi peluang yang dikembangkan sudah memenuhi tiga kriteria penilain yaitu kevalidan, keefektifan, kepraktisan dan dinyatakan berhasil atau layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nini Dewi Eka Awawin Jamik
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:38
Last Modified: 11 Oct 2019 02:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item